Suasana Pembukaan Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar di Desa Nanga Kiungkang, Kabupaten Sekadau (Foto: Mus/Ist)
Suasana Pembukaan Kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar di Desa Nanga Kiungkang, Kabupaten Sekadau (Foto: Mus/Ist)

Diawali di Kabupaten Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi dimulai di Kabupaten Sekadau yang bertempat di Desa Nanga Kiungkang, Kecamatan Nanga Taman, Selasa (18/4).

Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si, yang diwakili Pjs Sekda Kabupaten Sekadau, Drs. Adrianto Gondokusumo, M.S, dalam sambutannya berharap kegiatan lomba desa agar menjadi suatu kegiatan yang benar-benar dipikirkan secara matang dan berkelanjutan untuk kedepannya, instrumen-instrumen dan pemantau perlombaan desa di berbagai bidang perlu berbenah untuk selalu siap akan persaingan.

Pada kesempatan tersebut Adrianto secara resmi menyatakan Penilaian Lomba Desa tingkat Provinsi dimulai.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Provinsi Kalbar yang diwakili Kepala Bidang Administrasi Pemberdayan Desa, Syarif Ardiman S.Sos., M.Si, mengatakan bahwa lomba desa salah satu indikator mengukur tingkat keberhasilan Kepala Desa dan jajarannya dalam membangun desa.

“Tentu penilaian disini mencakup berbagai bidang, seperti kesehatan, administrasi desa, pengelolaan lingkungan desa, dan sebagainya,” ujarnya.

Sesuai surat DPMF Provinsi Kalbar No 414.5/212/dpmd tertanggal 13 April 2017, mengenai seleksi administrasi dan perlombaan desa dan kelurahan, inilah acuan dalam pelaksanaan kegiatan di tingkat provinsi yang saat ini telah menyeleksi 7 kabupaten dari 12 kabupaten/kota yang ada di Kalbar, untuk lomba kelurahan diikuti 3 kabupaten/kota dari 8 kabupaten/kota .

Hasil dari seleksi ada 7 desa dari 7 kabupaten, serta 3 kelurahan kabupaten/kota.

Para kandidat desa akan diseleksi untuk menentukan juara 1, 2 dan 3 Lomba Penilaian Desa tingkat Provinsi Kalbar 2017 yang nantinya akan menerima piagam dari Gubernur Kalbar.

Sedangkan juara 1 akan diundang ke istana dan menerima penghargaan serta mengikuti temu karya nasional.

Diakhir kegiatan team penilai dari provinsi melaksanakan penilaian di Desa Nanga Kiungkang.

Tampak hadir pada kegiatan ini Pjs Sekda Sekadau, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bayu Dwi Suharsono, Forkopimda dan Forkopimka setempat, Kepala Desa se Kecamatan Nanga Taman, Camat Nanga Taman, Paulus Ugang, Ketua GOW Kabupaten Sekadau dan Jajaran SKPD, serta para tamu undangan lainnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY