Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Melakukan Penandatanganan MoU Bersama Pihak Pertamina dan Bank Indonesia Terkait Penerapan e-Money di Seluruh SPBU di Kota Pontianak (Foto: Ist)
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji Saat Melakukan Penandatanganan MoU Bersama Pihak Pertamina dan Bank Indonesia Terkait Penerapan e-Money di Seluruh SPBU di Kota Pontianak (Foto: Ist)

Bersama Pertamina dan Bank Indonesia

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota Pontianak bersama pihak Pertamina dan Bank Indonesia melakukan penandatangannya MoU terkait penerapan e-money di seluruh SPBU Kota Pontianak per 1 Januari 2018 mendatang dalam sinergi menuju cashless society.

General Manager Pertamina Marketing Operation Region VI Kalimantan, Yanuar Budi Hartanto hadir langsung dalam acara penandatangani perjanjian kerjasama Elektronifikasi Pembelian BBM Secara Non Tunai di seluruh SPBU di Pontianak yang dilangsungkan di Aula Bank Indonesia Kalbar, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan MoU kerjasama ini akan mempermudah koordinasi bagi seluruh pihak terkait, terutama bagi Pertamina kepada Pemkot Pontianak dan Bank Indonesia dalam pengimplementasian pembelian non tunai di SPBU se Pontianak.

Yanuar menambahkan bahwa upaya menggalakkan program transaksi non tunai di SPBU adalah bentuk dukungan Pertamina atas Gerakan Nasional Non Tunai yang dicanangkan tahun 2014 lalu oleh BI.

“Adanya dukungan Pemkot Pontianak ini, diharapkan implementasi cashless di Pontianak dapat menjadi role model bagi kota-kota lain, sehingga bisa mendukung dalam penerapan e-money kedepannya,” ujarnya seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Dirinya juga menyampaikan bahwa penggunaan uang elektronik di beberapa SPBU di Pontianak sudah dimulai sejak Juli 2017 kemarin, namun hanya di beberapa SPBU di Pontianak.

Untuk tahap edukasi, penggunaan uang elektronik di seluruh SPBU, pada hari sabtu dan minggu, akan diberlakukan satu jalur khusus penggunaan uang elektronik. Hal ini akan dilakukan sampai masyarakat terbiasa kedepannya.

Penggunaan uang elektronik ini diharapkan mampu menjadi solusi mengurangi penggunaan cash dan jauh lebih praktis pada saat mengisi bahan bakar di SPBU.

Dikatakannya untuk mensukseskan program ini kedepannya sosialisasi dan kampanye terus digalakkan melalui media masa, beberapa program promosi, ke instansi pemerintah, aparat kepolisian dan TNI, dan komunitas-komunitas terkait oleh Bank Indonesia bersama Bank yang bekerjasama seperti BCA, BRI, Mandiri, BNI, dan Bank Kalbar. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY