Pontianak Pameran dan Bazar Buku 2017, Hidayati: Jadikan Budaya Membaca Menjadi Kebutuhan Pokok

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kembali mengelar Pontianak Pameran dan Bazar Buku, ini merupakan program Pemkot yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Pontianak dalam promosi dan pembudayaan gemar membaca. Pameran dan Bazar buku ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan oleh Pemkot.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Pontianak Ir. Hidayati mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan tersebut, guna menjadikan budaya membaca buku menjadi kebutuhan pokok bagi semua lapisan masyarakat Kota Pontianak dan menjamin ketersediaan bahan bacaan yang bervariatif, informatif, edukatif dan sehat berkualitas dengan harga yang terjangkau dan ekonomis kepada masyarakat.

“Setidaknya setiap hari masyarakat Pontianak haruslah akrab dengan buku dalam kehidupan sehari-hari, kita Pemerintah Daerah mendorong dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan hal tersebut, seperti mendekatkan fungsi perpustakaan di tengah masyarakat, seperti tersedianya rumah – rumah baca di tiap kelurahan, di taman-taman seperti rumah baca di Taman Alun Kapuas, Taman Digulis, serta Taman Akcaya, di rumah- rumah ibadah, dan layanan Perpustakaan Keliling,” ujar Hidayati yang didampingi dan Sekretaris Dinas, Drs Dwi Sryanto, M.Si, saat ditemui usai rapat panitia Pontianak Bazar Buku Tahun 2017, Selasa (20/07) pagi.

Pontianak Pameran dan Bazar Buku (Foto: Ardy Arsip)
Pontianak Pameran dan Bazar Buku (Foto: Ardy Arsip)

Kegiatan Bazar Buku Murah yang akan dilaksanakan mendatang ini, lanjutnya, juga merupakan salah satu bentuk upaya pembudayaan gemar membaca di Kota Pontianak, menjamin ketersediaan buku murah dan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Ia menambahkan, Pontianak Pameran Bazar Buku 2017 terbuka untuk umum dan akan diikuti oleh sejumlah penerbit, antara lain Penerbit Gramedia, Penerbit Erlangga, Penerbit – penerbit yang tergabung dalan Ikatan Penerbit Indoonesia (IKAPI) Kalimantan Barat, IAIN Pontianak Press.

“Sedangkan Komunitas Literasi yang terlibat yaitu Forum Indonesia Menulis (FIM) dan Club Menulis IAIN Pontianak serta pejuang pejuang literasi di wilayah Kota Pontianak. Pameran berlangsung pada tanggal 8 – 9 Juli 2017 jam 09.00 s/d 17.00 di SMP Negeri 13 Pontianak di Jalan Tebu Pontianak,” paparnya.

Hidayati berharap masyarakat Pontianak dapat berpartisipasi dan mensukseskan pelaksanaan Pontianak Pameran Bazar Buku 2017.

“Ayo ajak saudara, sahabat, keluarga untuk datang, kunjungi dan dapatkan buku murah, berkualitas dan terjangkau pada Pontianak Pameran dan Bazar Buku 2017,” tandas Hidayati.

Ditempat terpisah, Kasi Pengembangan Pembudayaan Gemar Membaca dan Promosi Perpustakaan, Heny Sutiani, S.Pd., M.Pd mengungkapkan bahwa selama dua hari pameran bazar buku digelar, selain masyarakat dapat mendapatkan buku-buku murah dan terjangkau serta berkualitas karya penulis-penulis muda yang tergabung dalam Club Penulis IAIN Pontianak dan Forum Indonesia Menulis (FIM), juga akan dimeriahkan dengan berbagai rangkaian acara.

Diantaranya, lomba mewarnai untuk tingkat TK sampai dengan kelas III SD khusus di wilayah Kota Pontianak.

“Kertas gambar disediakan oleh panitia, pensil warna dan meja gambar, peserta diwajibkan membawa sendiri,” ujarnya.

Selain lomba mewarnai, pihaknya juga menggelar dialog interaktif dengan marasumber Bang Nur Iskandar dan Bang Hermansyah.

“Bedah Buku karya penulis-penulis muda Pontianak diantaranya dari FIM dan sejumlah komunitas lainnya. Semoga rangkaian acara Pontianak Pameran Bazar Buku 2017 dapat berlangsung dengan lancer dan sukses,” pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, terkait Pontianak Pameran & Bazar Buku ini, dapat mengunjungi langsung Dinas Perpustakaan Kota Pontianak di Jalan Alianyang No. 7 B Pontianak pada jam kerja atau melalui website http://arpusda.pontianakkota.go.id/. Atau melalui facebook : Perpustakaan Kota Pontianak.

Kontak personal Panitia Pontianak Pameran Bazar Buku:

– Heny Sutiany : 0813 4556 5566

– Faisal : 0821 4865 3977

(Ardy Arsip)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY