Pemkab Sintang LaksanAkan Upacara Peringat HUT Pemprov Kalbar Ke 60 di Halaman Depan Kantor Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)
Pemkab Sintang LaksanAkan Upacara Peringat HUT Pemprov Kalbar Ke 60 di Halaman Depan Kantor Bupati Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar upcara memperingati hari ulang tahun ke- 60 Provinsi Kalimantan Barat, Kamis (02/02/2017). Bupati Sintang H. Jarot Winarno bertindak sebagai Inspektur pada upacara yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sintang ini. Bupati Sintang yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan, upacara ini sebagai salah satu penghormatan terbentuknya Provinsi Kalimantan Barat yang menjadi Provinsi yang tumbuh pesat dan berkembang hingga hari ini.

“Semoga di usia yang ke-60 ini, Kalimantan Barat menjadi Provinsi yang semakin maju dalam pembangunan yang didukung dengan kultur masyarakat modern yang rukun, aman dan cinta damai,” ujar Jarot.

Menyikapi isu strategis yang berdampak terhadap ancaman disintegrasi bangsa akhir-akhir ini serta dengan memperhatikan kondusifitas masyarakat Kalimantan Barat yang telah berlangsung dengan baik dan harmonis, tentunya diperlukan suatu dukungan secara komprehensif dari semua elemen yang ada di Kalimantan Barat.

Kebhinekaan yang ada di propinsi ini merupakan salah satu potensi bangsa yang sejak dulu masih dijaga keutuhannya. Perbedaan kebudayaan menjadi aset bangsa dalam memajukan daerah masing-masing. Keharmonisan antar sesama tumbuh kuat seiring dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Di era globalisasi arus informasi semakin kuat, berita-berita yang tidak benar dan menyesatkan, sering kita temui. Sehingga apabila tidak disikapi dengan arif dan hati-hati, akan membuat masyarakat terjebak pada arus perubahan yang destruktif.

“Oleh karena itu, Saya menghimbau kepada kita semua dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kalimantan Barat, baik itu jajaran Pemerintah Pusat yang berada di Kalimantan Barat, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten/Kota, TNI, POLRI, Jaksa, Hakim, pengusaha, elit politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh stakeholders yang ada di Kalimantan Barat,  untuk merapatkan barisan kembali, mempereratpersaudaraan, mengedepankan kearifan lokal dan nilai luhur kebudayaan bangsa,memperbaiki kinerja masing-masing dan bekerja sungguh-sungguh, untuk membangun dan memajukan Kalimantan Barat yang harmonis, aman, damai dan sejahtera” tambah H. Jarot Winarno.

“Prestasi daerah yang telah kita raih serta keberhasilan membangun yang terpenuhi secara bertahap yang didukung oleh sinergisitas semua kompenen Kalimantan Barat. Kebhinekaan di Kalimantan Barat adalah merupakan salah satu potensi Bangsa  yang sejak dulu kita miliki hingga saat ini masih kita jaga keutuhannya, “ ucap Bupati Sintang.

Usai upacara, Bupati Sintang H. Jarot Winarno menyampaikan bahwa diusia ke 60, Kalimantan Barat sudah jauh maju pesat, kalau dulu jalan darat masih susah menuju Sintang, sekarang sudah enak. “berapa kecamatan yang terisolir pun sudah mampu kita tembus. ini luar biasa. ini karena persatuan menjadi modal sosial untuk membangun Kalbar. Bapak Gubernur tadi berpesan supaya menjaga keharmonisan. Kalbar selalu diuji dalam persatuan dan kita selalu lolos dengan ujian ini, kali inipun sama. mari kita bersatu membangun kalbar ini bersama” ajak  H. Jarot Winarno.

Jefray Edward Ketua DPRD Sintang menyampaikan usia 60 merupakan usia yang matang. “kalau seorang manusia, usia 60 tahun harus mampu mengayomi, maka Kalbar harus bersatu dengan kedamaian dan kebhinekaan serta mampu mengayomi seluruh rakyatnya” terang Jefray Edward. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY