Pj Sekda Kabupaten Sekadau, Adrianto Gondokusumo Saat Mewakili Bupati Sekadau Menerima Penyerahan Opini WTP Yang Diserahkan Langsung Oleh Ketua BPK Kalbar, Ida Sundari (Foto: Mus/Hms)
Pj Sekda Kabupaten Sekadau, Adrianto Gondokusumo Saat Mewakili Bupati Sekadau Menerima Penyerahan Opini WTP Yang Diserahkan Langsung Oleh Ketua BPK Kalbar, Ida Sundari (Foto: Mus/Hms)

Bupati : Prestasi Ini Harus Dipertahankan dan Ditingkatkan Sesuai Peraturan Perundang-udangan Yang Berlaku

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau kembali meraih penghargaan atas predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat.

Penyerahan piagam penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tersebut dilakukan langsung oleh Ketua BPK RI Perwakilan Kalbar, Dra. Ida Sundari kepada Penjabat Sekretaris Daerah Drs. A. Adrianto Gundokusumo, M.Si di aula kantor BPK provinsi Kalbar, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Selasa (6/6/2017) kemarin.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Jepray Raja Tugam, SE dan Kepala Inspektorat Kabupaten Sekadau turut hadir dalam penyerahan laporan hasil pemeriksaan keuangan di aula BPK Perwakilan Kalbar.

Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si, memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sekadau atas kerja keras dalam mempertahankan predikat Opini WTP untuk tahun yang kelima ini.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Sekda, Asisten Staf ahli, Kepala Dinas, Kepala, Kepala Bagian, Camat dan Staf PNS yang atas kerjasamanya. Ini adalah prestasi dari semua pihak,” ujar Bupati Rupinus.

Bupati Rupinus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sekadau atas dukungan dan kerjasamanya, sehingga predikat opini WTP ini bisa diraih kembali.

“Terima kasih juga kepada masyarakat kabupaten Sekadau yang telah berpartisipasi mendukung program pembangunan yang sudah digagas oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau,” paparnya.

Atas prestasi yang membanggakan ini, Bupati Rupinus, meminta kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Sekadau agar Opini WTP yang diraih ini bisa diperthankan dan ditingkatkan kembali dengan kinerja yang baik berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Rupinus juga menyebutkan predikat opini WTP yang diraih ini merupakan penilaian yang objektif alias murni. Apalagi, sebut Rupinus, dalam pemeriksaaan keuangan tahun anggaran 2016 ini, BPK Perwakilan Kalbar bekerjasama dengan akuntan publik atau auditor independen.

Prestasi opini WTP ini juga, lanjut Rupinus, harus menjadi motivasi sekaligus semangat kerja seluruh aparatur di lingkungan pemerintah Kabupaten Sekadau.

“Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan untuk bisa lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus juga memberikan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau juga kepada masyarakat Kabupaten Sekadau yang telah mempertahankan komitmen untuk bisa meraih kembali predikat WTP ini.

“Prestasi ini tentu atas kerjsama, atas komunikasi dan koordinasi yang baik dari semua pihak, bisa menerima masukan dan saran dari semua pihak yang muaranya menuju pada perbaikan,” ujar Pinus.

Prestasi ini juga, lanjut politisi PDIP ini, atas komitmen untuk mengikuti dan mentaati peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku.

“Komitmen ini harus dipertahankan oleh semua OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau. Dan bagi OPD yang baru supaya belajar lebih banyak kepada OPD lain yang pengelolaan keuangannya sudah jauh lebih baik,” pintanya.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Drs. A. Adrianto Gundokusumo, M.Si mengatakan prestasi opini WTP yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk tahun yang kelima ini merupakan atas hasil kedisiplinan bagi para OPD dalam pengelolaan keuangan.

Hal ini menurut Adrianto, kualitas pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Sekadau semakin tahun semakin baik. Terima kasih atas kepatuhan, ketaatan dan kedisiplinan yang sudah dilaksanakan oleh OPD.

Laporan keuangan yang sudah semakin baik ini lanjut Adrianto menunjukan komitmen untuk mengurangi penyimpangan yang berhubungan dengan penegakan hukum.

“Sekali lagi terima kasih atas kerja keras kita semua, kita makin tahun makin baik dalam pengelolaan keuangan maupun dalam pengelolaan aset. Tentu hal ini harus kita pertahankan dan ditingkatkan lagi,” pinta Adrianto yang sekarang juga menjabat Asisten Bidang Pemerintahan.

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sekadau, F. Iwan Karantika mengatakan prestasi opini WTP yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau tahun anggaran 2016 ini merupakan atas komitmen dan budaya kerja yang baik oleh semua OPD.

“OPD sudah melaksanakan komitmen untuk patuh terhadap peraturan Perundang-udangan yang berlaku dalam penyelanggaraan keuangan bukan mau sendiri, evaluasi dan rekomendasi yang disampaikan oleh BPK ditindaklanjuti. Komitmen dan budaya kerja inilah yang terus kita lakukan untuk memperbaiki berbagai kekurangan yang ada. Maka atas komitmen dan budaya kerja yang patuh inilah sehingga kita bisa memperoleh kembali opini WTP untuk tahun yang kelima ini. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan seluruh OPD selama audit LKPD 2016. Semoga menjadi inspirasi dan motivasi bersama dalam membangun Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing,” paparnya.

Sementara Kepala Inspektorat Kabupaten Sekadau, Rasihan menyampaikan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda atas dorongan dalam memberikan motivasi dan kekuatan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau untuk tetap melaksanakan tugas sesuai aturan dan Perundang-udangan yang berlaku.

“Penghargaan yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Sekadau pada LHP tahun anggaran 2016 ini adalah atas komitmen kineja OPD yang dinilai sudah baik atas kepatuhan kecepatan dan ketepatan,” pungkas Rasihan. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY