Bupati Sekadau, Rupinus Saat Memberikan Sambutan Pada Halal Bihalal di Kantor Bupati Sekadau (Foto: Mus)
Bupati Sekadau, Rupinus Saat Memberikan Sambutan Pada Halal Bihalal di Kantor Bupati Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar halal bihalal di Kantor Bupati, Jalan Merdeka Timur, pada Kamis (6/7).

Halal bihalal tersebut untuk menjalin silatuhrami bersama pejabat daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan ASN di lingkungan Pemkab Sekadau.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” ujar Bupati Sekadau, Rupinus.

Rupinus mengatakan, khusus kepada ASN sudah diberikan waktu libur cukup lama. Ia mengatakan, untuk hari pertama masuk kerja kehadiran ASN di lingkungan Pemkab Sekadau mencapai 98 persen.

“Ada juga yang tidak hadir karena sakit, izin dan tanpa keterangan dua orang. Sesuai kesepakatan ada sanksi yang diberikan kepada yang mangkir, karena pemerintah sudah berikan kesempatan libur dan cuti,” ucapnya.

Rupinus mengapresiasi aparat keamanan yang sudah menjaga situasi dan kondisi di Kabupaten Sekadau. Sehingga, kata dia, Hari Raya Idul Fitri di Kabupaten Sekadau berjalan aman dan lancar.

“Instansi di lingkungan Pemkab ada yang standby seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan dan beberapa OPD lainnya. Ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Sekadau, Kyai Mudhlar menuturkan, halal bihalal merupakan tradisi dan budaya Indonesia, termasuk Sekadau. Sebab, kata dia, bila berkunjung ke Timur Tengah tidak ditemukan adanya acara halal bihalal seperti di Indonesia.

“Ini bukan budaya asing. Ini budaya asli Indonesia, sudah sepantasnya kegiatan halal bihalal ini ditingkatkan,” kata dia.

Ia mengatakan, halal bihalal untuk meningkatkan silaturahmi. Halal bihalal, kata dia, memiliki manfaat dan ada banyak hikmah karena silaturahmi yang terjalin.

“Kehebatan silaturahmi yang tadinya buntu jadi clear, yang tidak tegur sapa kembali baik hubungannya. Tadinya renggang bisa erat kembali karena silaturahmi,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Kepala Kejaksanan Negeri Sekadau, Wakapolres Sekadau, Pabung Kodim 1204/Sanggau, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Asisten dan Staf Ahli Bupati. Selain itu, dihadiri pula Kepala OPD dan ASN di lingkungan Pemkab Sekadau. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY