KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melaksanakan acara welcome dinner diplomatik dalam rangka pembukaan Hari Pangan Sedunia ke-37 tahun 2017 yang turut mengundang Duta Besar Negara sahabat, para perwakilan Kementerian Luar Negeri RI dan perwakilan Kementerian Pertanian RI di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (18/10).

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi daerah Kubu Raya sejak tahun 2012-2016 selalu berada diatas pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalbar.

“Ekonomi Kubu Raya ditahun 2016 berkembang hingga 6,37 % diatas pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalbar sebesar 5,22 % sedangkan angka kemiskinan Kabupaten Kubu Raya selalu mengalami penurunan sejak tahun 2012-2016 sebesar 5,04 % masih dibawah angka kemiskinan Provinsi Kalbar sebesar 7,87 %,” ucap Wabup Kubu Raya, Hermanus.

Wabup juga menerangkan dalam hal ini disebabkan potensi wilayah yakni dari sektor pertanian yang memberikan kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kubu Raya yang cukup signifikan. Potensi pertanian tanaman pangan dan hortikultura khususnya padi, cabe, jagung, bawang merah, masih menjadi sektor penting penopang perekonomian.

“Kawasan pertanian dicadangkan seluas 80.000 Ha dan didukung pula dengan keberadaan RMP (Rice Milling Plant) dengan kapasitas 3 Ton/jam. Pada tahun 2017 untuk mendorong swasembada pangan akan dilakukan tanam serentak seluas 51 ribu Ha yang diharapkan agar hasil produksi meningkat untuk mewujudkan swasembada pangan menuju swasembada pangan nasional,” papar Wabup.

Selain itu, lanjut Wabup, Kubu Raya juga berpotensi dibidang perkebunan baik yang dikelola masyarakat maupun pihak swasta yang diantaranya perkebunan kelapa sawit, karet, kelapa dalam, kopi, dan perkebunan kakao yang tersebar di seluruh Kecamatan Kubu Raya.

“Yang menjadi produk unggulan adalah varietas kopi Liberika gambut di Desa Sumber Agung Kecamatan Batu Ampar,” tandasnya.

Selain para undangan yang menghadiri acara welcome dinner diplomatik, turut dihadiri para putri-putri pariwisata Kubu Raya tentunya menjadi perhatian para tamu undangan untuk berfoto bersama. Acara welcome dinner juga menampilkan tarian multi etnis dari para pelajar yang ada di Kubu Raya. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY