Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama dan Ilustrasi Pariwisata (Foto: Lis)
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama dan Ilustrasi Pariwisata (Foto: Lis)

KalbarOnline, Mempawah – Meningkatkan pencitraan kepariwisataan dan memperkuat strategi pemasaran daerah, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar sayembara lomba desain logo pariwisata Kabupaten Mempawah. Dibuka mulai Rabu 1 Februari, pendaftaran akan berakhir pada 3 April 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama, menerangkan bahwa sayembara desain logo pariwisata juga dimaksudkan untuk menggali potensi subsektor ekonomi kreatif di bidang desain grafis, baik pada generasi muda maupun masyarakat umum.

“Lomba ini bersifat terbuka untuk berbagai kalangan, mulai pelajar, mahasiswa, praktisi, akademisi, maupun masyarakat umum lainnya yang ber-KTP Kabupaten Mempawah,” ujarnya saat ditemui di Mempawah, Rabu (1/2) lalu.

Firman menuturkan para peserta lomba akan melalui beberapa tahap seleksi. Nantinya akan diambil sepuluh besar untuk dilakukan tahap seleksi final. Dari sepuluh besar, ditentukan lima terbaik untuk di babak final dan akan memaparkan desain di hadapan dewan juri.

Terkait hal itu, Firman mengundang masyarakat yang ingin mengikuti lomba untuk mengambil formulir di sekretariat lomba, yakni Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Dinas Pendidikan, pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah di Jalan Raden Kusno Mempawah.

“Formulir bisa diambil pada jam kerja dan tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Firman mengungkapkan peluncuran logo branding pariwisata Kabupaten Mempawah hasil sayembara akan dilakukan di kegiatan Mempawah Expo 2017 pada momen ulang tahun perubahan nama Kabupaten Mempawah yang ketiga.

“Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp8,5 juta dipotong pajak,” ungkapnya.

Sementara Kepala Seksi Pariwisata Disdikporapar Kabupaten Mempawah, Raja Fajar Azansyah, menerangkan sejumlah kriteria lomba. Diantaranya logo terdiri atas dua unsur yaitu komponen gambar dan komponen tulisan; isi yang mencerminkan potensi, visi, dan promosi wisata daerah; komponen gambar yang menarik, jelas, dan mudah diingat; bentuk yang unik sesuai kaidah desain; warna serasi; dan aplikasi fleksibel untuk berbagai media.

“Kriteria penilaian adalah orisinalitas warna, relevansi logo dengan tema, kreativitas dan estetika, dan deskripsi logo dan branding,” terangnya.

Fajar mengatakan batas akhir pengumpulan desain pada 3 April dan pengumuman seleksi sepuluh besar pada 6 April. Adapun presentasi lima besar di hadapan dewan juri dilakukan pada 10 April. Pengumuman pemenang pada keesokan harinya, yakni 11 April.

Fajar menyatakan setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu desain beserta penjelasannya. Ia mengungkapkan sistem seleksi dilakukan secara bertingkat, yaitu seleksi awal berupa administrasi, seleksi mencari lima besar desain logo terbaik, presentasi lima desain logo terbaik, dan seleksi akhir mencari dua pemenang.

“Untuk informasi lebih lengkap bisa mendatangi Bidang Pariwisata dan Kebudayaan di Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah,” tandasnya. (Lis)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY