Suasana Malam di Taman Akcaya, yang Dipenuhi Para Pedagang yang Merupakan Pedagang yang Direlokasi Dari Taman Alun Kapuas (Foto: Ist)
Suasana Malam di Taman Akcaya, yang Dipenuhi Para Pedagang yang Merupakan Pedagang yang Direlokasi Dari Taman Alun Kapuas (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Sejumlah pedagang kecil di Kota Pontianak menyambut baik kebijakan Sutarmidji saat menjabat sebagai Wali Kota. Seperti pemindahan dari Taman Alun Kapuas ke Taman Akcaya Kota Pontianak oleh Calon Gubernur Kalbar nomor urut 3 tersebut meski awalnya sempat dipertentangkan.

Menurut para pedagang, keputusan Sutarmidji memindahkan para pedagang dari Taman Alun-Alun Kapuas ke Taman Akcaya dinilai tepat, karena meningkatkan pendapatan mereka.

Misalnya, Astro (43) salah seorang pedagang aksesoris mengaku senang dipindahkan ke Taman Akcaya. Karena peningkatan penghasilan yang didapat mencapai 50 persen.

“Setuju sekali keputusan Sutarmidji memindahkan kami ke Taman Akcaya. Ternyata disini lebih ramai, karena fungsi taman menjadi tempat hiburan baru bagi masyarakat yang datang. Pendapatan saya meningkat sampai 50 persen,” jelasnya.

Tidak hanya itu, kehadiran pedagang di Taman Akcaya menimbulkan manfaat yang banyak. Selain bagi pedagang, juga dirasakan oleh warga yang bermain di taman tersebut.

Senada dengan Astro, salah satu pengunjung mengaku, semula Taman Akcaya sepi dan seram serta terkadang terjadi tindak kriminal. Tapi semua berubah ketika banyak para pedagang berjualan disekitar pasar.

Menurut mereka ini tidak terlepas karena keberhasilan Sutarmidji menyulap taman tersebut menjadi taman hiburan baru.

“Taman Akcaya sekarang fungsinya sudah sepenuhnya berjalan. Saya senang sekarang Taman Akcaya sudah ramai. Kalau dulu Taman Akcaya seram dan kerap dijadikan tempat kriminal. Berbeda dengan sekarang, siapa saja senang bermain disini,” jelas Arif (29), pengunjung taman.

Sejauh ini, kebijakan calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Sutarmidji dinilai sangat efektif. Berkat tangan dinginnya, Sutarmidji berhasil membuat fungsi taman sangat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Tidak hanya pedagang aksesoris, pedagang makanan juga merasakan manfaat terhadap relokasi pedagang dari alun-alun Kapuas ke Taman Akcaya. Mereka menilai kinerja Sutarmidji sangat baik dalam memperhatikan rakyat kecil.

“Memang sebelumnya banyak pedagang yang protes terhadap pemindahan tempat berjualan, karena merasa sudah nyaman berjualan di alun-alun kapuas. Tetapi Sutarmidji mampu meyakinkan para pedagang bahwa berjualan di Taman Akcaya bakal meningkat penghasilannya karena pengunjungnya yang lebih ramai,” ungkap Iwan (34). (Elf/cim/Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY