Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Menghadiri Panen Bawang Merah di Desa Korek (Foto: Ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Menghadiri Panen Bawang Merah di Desa Korek (Foto: Ian/Hms)

Desa Korek Jadi Percontohan Program Bawang Merah

KalbarOnline, Kubu Raya – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pertanian Kubu Raya mengembangkan program penanaman bawang merah di Desa Korek, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Program bawang merah yang dikembangkan di lahan seluas dua hektar ini sudah memasuki masa panen.

Panen bawang merah tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kubu Raya, Rusman Ali didampingi Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kubu Raya, Gandhi Satyagraha, Camat Sungai Ambawang, serta SKPD dan Ketua Gapoktan Mitra Mandiri Desa Korek.

“Panen bawang ini merupakan program percobaan di Kubu Raya. Dan Alhamdulillah hasilnya sangat luar biasa. Artinya, kita juga memiliki potensi yang tidak kalah baik dengan wilayah-wilayah penghasil bawang di daerah Jawa dan Sumatera,” ungkap Rusman Ali.

Menurutnya, luas penanaman bawang merah sementara ini hany 2 hektar lahan saja yang dikembangkan untuk ujicoba. Hasil produksinya juga sangat baik dan diprediksi bisa mendapatkan hasil panen mencapai 3-4 ton per hektare.

“Ke depan, program tersebut dapat terus dijalankan, sehingga produksi bawang merah di Kubu Raya semakin meningkat,” pinta orang nomor 1 (satu) di Kabupaten Kubu Raya ini.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya, Gandhi Satyagraha menuturkan, Kubu Raya memiliki banyak potensi holtikultura yang dapat dikembangkan. Untuk tanaman bawang merah di Kubu Raya, akan dilakukan penelitian yang lebih lengkap, agar mendapatkan data yang lebih lengkap dalam mengembangkan tanaman bawang di Kubu Raya.

“Dari hasil panen kita hari ini, menunjukan bahwa potensi kita sangat luar biasa. Dan ini akan terus kita coba kembangkan, mungkin juga di Kecamatan yang lain, memiliki potensi yang sama,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan kajian dan penelitian, sehingga program Bupati Kubu Raya tepat sasaran, tepat guna dan tepat waktu. (Ian/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY