Jalan Nasional di Kapuas Hulu (Foto: Haq)
Jalan Nasional di Kapuas Hulu (Foto: Haq)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Proyek pembangunan infrastruktur jalan nasional yang dibangun di Kabupaten Kapuas Hulu belum berjalan dengan baik.

Padahal pembangunan infrasruktur jalan nasional di Kabupaten yang merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia tersebut tidak sedikit anggaran yang dikeluarkan melalui APBN.

Padahal anggaran yang didanai melalui APBN tersebut mencapai ratusan milyar demi mendapatkan infrastruktur jalan yang baik.

Namun, hasil dari proyek infrastruktur jalan tersebut yang notabane jalan nasional masih menyisakan pertanyaan.

Hasil pantauan awak media di ruas jalan Nasional jalan Lintas Utara, diketahui bahwa tekstur jalan tersebut berbukit, berkelok-kelok memiliki tebing atau jurang dengan banyak sungai dan anak sungai, maka banyak jembatan juga yang dibangun.

Tapi untuk pembangunan pagar besi disetiap tebing atau jurang di jalan Nasional Kabupaten Kapuas Hulu masih sangat minim, sehingga akan berdampak juga bagi keselamatan masyarakat yang melewati jalan Nasional tersebut baik jalan Nasional Lintas Selatan maupun jalan Nasional Lintas Utara serta jalan Nasional lainya yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Persoalan pembangunan pagar besi di sepanjang jalan Nasional, jalan Provinsi maupun jalan Kabupaten yang memiliki tebing atau jurang wajib untuk dibangun, guna menjaga keselamatan masyarakat dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan maupun hal-hal lainnya di jalan raya.

Kondisi Infrastruktur jalan pun harus menjadi perhatian Pemerintah agar terbangun dengan baik, karena jalan sebagai salah satu akses untuk membuka terisolir dan dapat menggerak roda perekonomian masyarakat. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY