Kapolda Kalbar, Irjen Pol Musyafak Merupakan Satu Dari Lima Kapolda Yang Dimutasi, Jabatannya Digantikan Oleh Brigjen Pol Erwin Triwanto (Foto: Ist)
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Musyafak Merupakan Satu Dari Lima Kapolda Yang Dimutasi, Jabatannya Digantikan Oleh Brigjen Pol Erwin Triwanto (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Musyafak, belum genap setahun bertugas sudah harus meninggalkan Polda Kalbar.

Ia ditarik ke Mabes Polri untuk mengisi posisi sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol), dan posisinya digantikan oleh mantan Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Brigjen Pol Erwin Triwanto.

Mutasi Irjen Pol Musyafak sebagai Kapolda Kalbar, tertuang dalam Telegram Kapolri Nomor ST/1034/IV/2017 tertanggal 18 April.

Irjen Pol Musyafak merupakan satu dari lima Kapolda yang dimutasi berdasarkan surat yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri, Irjen Pol Arief Sulistiyanto.

Irjen Pol Musyafak menjabat Kapolda Kalbar sejak awal Juni lalu dan menjadi Kapolda Kalbar Pertama saat Polda Kalbar berubah jadi Tipe A dengan Pangkat Irjen (Bintang Dua).

Dirinya kala itu menggantikan Irjen Pol Arief Sulistyanto yang ditarik ke Mabes Polri. Singkatnya masa jabatan Irjen Pol Musyafak di Polda Kalbar sama halnya saat ia masih menjabat sebagai Kapolda Jambi sebelumnya. Ketika itu, dia hanya menjabat Kapolda Jambi selama lima bulan.

Sebagai Wakalemdiklat Mabes Polri, Musyafak akan menggantikan Irjen I Ketut Untung Yoga Ana yang dimutasi dengan penugasan pada Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Untung sendiri terhitung merupakan junior Musyafak. Bintang mantan Kapolrestabes Bandung itu cepat melejit dan kini berpangkat irjen.

Irjen Pol Musyafak adalah perwira tinggi Polri yang lulusan Akpol tahun 1984. Selama karier kepolisian, Ia lebih banyak bertugas dalam bidang reserse kriminal.

Sebelumnya, Musyafak pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jambi dan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Riwayat Jabatan

Kapolres Demak Polda Jateng (2001)

Kapolres Cirebon Polda Jabar (2003)

Kapolres Metropolitan Jakarta Utara (2008)

Karo Bindiklat Lemdiklat Polri (2015)

Wakapolda Jawa Tengah (2015)

Kapolda Jambi (2016)

Kapolda Kalbar (2016)

Wakil Kepala Lemdikpol Polri (2017).

(Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY