Suasana Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H Yang Digelar BKMT Sekadau Yang Mengusung Tema Bina Mualaf (Foto: Mus)
Suasana Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 H Yang Digelar BKMT Sekadau Yang Mengusung Tema Bina Mualaf (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh beberapa organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam dalam rangka memperingati 1 Muharram 1439 Hijriah atau pergantian tahun baru Islam.

Demikian halnya dengan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Sekadau yang menggelar kegiatan ‘Bina Mualaf’ dengan menggandeng BKMT tingkat Kecamatan Sekadau Hilir, ratusan masyarakat hadir dalam acara tersebut.

Ketua Panitia Kegitan Peringatan 1 Muharam 1439 H tahun 2017 BKMT Kabupaten Sekadau, Hj Aryati Riska mengatakan bahwa kegiatan ini pertama kali dilakukan di tempat yang sangat bersejarah di Kabupaten Sekadau yaitu Keraton Kusuma Negara Kerajaan Sekadau, Jalan Keramat, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir.

“Kami adakan peringatan 1 Muharam di Keraton Kusuma Negara Kerajaan Sekadau, Alhamdulillah ini adalah momen yang sangat luar biasa dan dihadiri banyak sekali jamaah,” ujarnya disela-sela kegiatan, Minggu (24/9) pagi.

Peserta yang hadir, kata Aryati, dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau yang berjumlah sampai 1500 jamaah BKMT.

“Harapan kedepan tentu bisa terus berjalan kegiatan peringatan ini dan semangat umat harus terjaga untuk meningkatkan persatuan bersama,” harapnya.

Sementara Ketua BKMT Kabupaten Sekadau Hj Normawati mengatakan, peringatan ini memang sengaja mengambil tema kegiatan yaitu pengajian Bina Mualaf.

“Setidaknya ada 200-an mualaf dalam kegiatan ini, dan juga ada jamaah dari masjid-masjid lain yang turut serta dalam kegiatan ini, dan dalam kesempatan ini juga kita berikan pemahaman yang lebih dalam tentang agama dan tentu lebih memperkuat iman dan taqwanya kepada Allah,” ujarnya.

Dikatakan Normawati, bahwa dalam momen ini juga pihak mengundang langsung Ketua Mualaf Provinsi Kalbar.

“Kita undang Ketua Mualaf Kalbar langsung, Alhamdulillah beliau berkenan hadir, dan kami harapkan bisa bersilaturahmi dan bertatap muka dengan para mualaf dan juga umat Islam yang ada di Sekadau untuk menyampaikan ceramahnya,” ucapnya penuh semangat.

Dirinya berharap, kegiatan-kegiatan yang bersifat membimbing, membina, dan mencerahkan sehingga sangat memberikan manfaat kepada umat dan masyarakat akan terus dilakukan.

“Kami BKMT sangat intens melakukan kegiatan, bahakan ke desa-desa dan ke masjid-masjid. Intinya terus melakukan dakwah Islamiyah dan mempererat tali silaturahmi antar umat Islam. Dan juga bisanya mendukung dan berpartisipasi membuat kegiatan bersama organisasi lainnya, mudahan ini terus ditingkatkan agar persatuan umat terus terjaga,” tandasnya.

Normawati menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sekadau serta ormas – ormas Islam dan juga pihak Polres Sekadau bersama unsur TNI yang telah ikut mengamankan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ustadz M Damanhuri Sekretaris Jen Pembina Mualaf Kalbar dalam ceramah atau tausiyahnya, mengatakan bahwa dalam rangka memperingati 1 Muharram 1439 Hijriah diharapkan umat Islam membuka lembaran yang lebih baik lagi.

“Ini merupakan momen yang baik bai kita evaluasi diri dan berbenah untuk menunjukan kebaikan,” ujarnya.

Selain itu, pemilik nama asli Jose Andreas sebelum memeluk agama Islam ini juga menceritakan soal perjalanan hidupnya hingga memeluk agama Islam pada tahun 1999, perjalanannya mengenal Islam lebih dalam dilakukan di Pondok Pesantren Gontor dalam waktu 6 bulan memutuskan mengucapkan syahadat.

“Harapan saya kepada seluruh umat Islam terutama yang sudah Islam sejak lahir agar lebih baik dalam ibadahnya  jangan kalah dengan teman-teman mualaf serta agar ormas Islam ikut membimbing para mualaf yang ada di Sekadau. Bimbingan terutama menyangkut masalah agama,” pesannya.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah perwakilan Pemkab Sekadau, Kodim, Kapolres, Pemerintah Desa Mungguk, kerabat Keraton, ormas Islam, umat Islam di setiap kecamatan, dan organisasi kemasyarakatan lainnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY