Sutarmidji, Pada Kegiatan Jalan Sehat Bersama PKS Dalam Rangkaian Kegiatan Bhakti Nusantara, di Padang Tikar, Kubu Raya (Foto: RMN)
Sutarmidji, Pada Kegiatan Jalan Sehat Bersama PKS Dalam Rangkaian Kegiatan Bhakti Nusantara, di Padang Tikar, Kubu Raya (Foto: RMN)

KalbarOnline, Kubu Raya – Bakal calon Gubernur Kalbar, Sutarmidji, berjanji apabila terpilih akan memberikan pendidikan gratis dan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk pemekaran di Kalbar.

Ia mengungkapkan, untuk di Kota Pontianak ketika belum diserahkan ke Provinsi, pendidikan untuk jenjang SMA/SMK gratis.

“Saya sebagai calon Gubernur, salah satu konsep pemikiran saya yang ada dalam visi-misi, kita akan bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk saling menunjang, yang dimana pendidikan untuk negeri TK sampai SMA/SMK harus gratis untuk mengejar IPM agar ada jaminan tingkat pendidikan lebih dari 12 tahun,” tuturnya, usai Jalan Sehat bersama PKS di Padang Tikar, Kubu Raya, Minggu (5/11).

Ia juga mengungkapkan bahwa sekarang IPM Kalbar 7,2 tahun dan menurutnya, itu sangat sulit untuk bersaing dengan daerah lain.

Satu-satunya jalan, kata dia, adalah berkomitmen pendidikan gratis yang akan mendongkrak IPM.

“Pasti itu, yang jelas mereka sudah tidak perlu bayar lagi, kalau buku paket biasa disediakan diperpus, dan sekarang tinggal perpus digital saja,” imbuhnya seperti dilansir dari Tribun Pontianak.

Untuk infrastruktur sendiri, ia menyebut, walaupun ada yang mengatakan jika ia hanya memimpin Kota kecil, tapi, ditegaskannya, hal tersebut bukanlah masalah kecil atau besarnya, namun bagaimana menata manajemennya.

“Berapa anggaran untuk infrastruktur, sudahlah daerah besar jika anggaran infrastruktur kecil kan tidak bisa, saya akan selesaikan yang selama ini jalan provinsi yang parah kita akan selesaikan,” tegasnya.

Dan yang terpenting, kata dia, selama ini masyarakat Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu menginginkan provinsi Kapuas Raya, banyak yang berjuang namun tidak bisa terwujud, namun dengan duet dirinya bersama Ria Norsan, ia meyakini akan terwujud.

“Serahkan pada saya dan Pak Ria Norsan, maka akan saya pastikan itu bisa terwujud,” pungkasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY