Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, Saat Memberikan Sambutannya, Saat Meninjau Langsung Proses Penilaian Lomba Desa di Kecamatan Sungai Kakap (Foto: ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, Saat Memberikan Sambutannya, Saat Meninjau Langsung Proses Penilaian Lomba Desa di Kecamatan Sungai Kakap (Foto: ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Plt Sekda Kubu Raya, Oedang Prasetyo dan Camat Sungai Kakap, Tugiono serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) meninjau langsung proses penilaian lomba desa dan pameran hasil kerajinan maupun kuliner warga.

Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengatakan, dalam lomba desa ini yang paling penting, bagaimana masyarakat tetap membangun gotong royong. Sebagai Tim penilai, Pemerintah Daerah tidak hanya melakukan penilaian semata-mata, melainkan adanya nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong yang terbangun di masing-masing desa.

“Selain itu saling mendukung dan saling mendorong untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat di masyarakat,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, digelarnya lomba Desa di Sungai Kupah ini, dikarenakan Desa tersebut, merupakan wakil dari Sungai Kakap dalam ajang lomba Desa Tahun 2018 tingkat Kabupaten Kubu Raya.

“Sesuai amanat Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, maka Desa Sungai Kupah dipilih menjadi wakil Kecamatan Kuala Sungai Kakap dalam lomba Desa Tingkat Kabupaten Kubu Raya,” paparnya.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Endang Indrawati, menghimbau agar setiap desa lebih memprioritaskan kegiatan-kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan Dana Desa.

“Dengan adanya Lomba Desa diharapkan, desa menjadi lebih berkembang dan lebih maju dalam pembangunan di semua sektor. Dengan tetap bersinergi dengan program-program pokok PKK,” jelasnya.

Endang menjelaskan, saat ini berbagai program PKK sudah dijalankan dengan baik oleh masing-masing desa dan sudah memiliki jaringan hingga ketingkat RT dan Dusun dibawah binaan langsung PKK Desa bersama PKK Kecamatan dan Kabupaten.

“Kita harapkan dengan semakin besarnya program-program pembangunan ke Desa dapat juga sejalan dengan program-program pokok PKK yang mana tujuan semua program pada akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa,” ucap Endang.

Dikatakan Endang, dalam lomba Desa juga akan dievaluasi program-program PKK yang ada di masyarakat. Mulai dari 10 program Pokok PKK hingga dasa wisma-dasa wisma yang ada di tingkat RT dan Dusun.

Dijelaskan Endang, lewat gerakan PKK kegiatan dan partisipasi aktif masyarakat juga terbangun dengan baik. Dengan melakukan pembinaan-pembinaan terhadap kelompok-kelompok masyarakat baik ibu-ibu maupun para remaja. Untuk berperan aktif dalam pembangunan.

“Kita di PKK juga ada program-program penunjang bagi peningkatan produktifitas dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui pembinaan terhadap kerajinan dan produk-produk olahan baik makanan maupun aksesoris yang diproduksi oleh kelompok-kelompok ibu-ibu yang dibina dan didampingi langsung oleh kader-kader PKK,” jelasnya. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY