Pekan Simpatik Peduli Sampah Kota Pontianak 2017 (Foto: Ist)
Pekan Simpatik Peduli Sampah Kota Pontianak 2017 (Foto: Ist)

Pemkot Pontianak Gelar Pekan Simpatik Peduli Sampah, “Pontianak Bebas Sampah 2020”

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Pemerintah Kota Pontianak beserta jajaran instansinya mengajak masyarakat, komunitas, dan dunia usaha untuk turut aktif bersama dalam kegiatan Pekan Simpatik Peduli Sampah yang akan diselenggarakan mulai tanggal 19 – 26 Februari 2017.

Adapun jargon yang menjadi tema utama dalam kegiatan Pekan Simpatik Pontianak Peduli Sampah yang akan diselenggarakan selama sepekan tersebut yakni “Pontianak Bebas Sampah 2020.

Gerakan Pontianak Bebas Sampah 2020 merupakan bagian dari program gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020 yang mulai dikampanyekan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2016 di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Baca Juga: Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2017, Pemkot Pontianak Gelar Pekan Simpati Peduli Sampah

Selaku penyelenggara utama dalam kegiatan Pekan Simpatik Peduli Sampah 2017, Pemerintah Kota Pontianak sudah mengagendakan 8 (delapan) agenda utama, salah satunya yakni Operasi Simpatik Kendaraan Wajib Menyediakan Tempat Sampah.

Kampanye untuk menyediakan tempat sampah di dalam kendaraan roda empat yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak disambut baik oleh masyarakat, terutama pemilik kendaraan roda empat.

Dukungan terhadap kebijakan tersebut terus mengalir, karena akan membantu mengurangi sampah, serta menjaga lingkungan di Kota Pontianak agar senantiasa bersih.

Salah seorang pengendara roda empat di Kota Pontianak ini yakni Agus, sangat mendukung langkah Pemerintah Kota Pontianak, guna mewujudkan Kota Pontianak bebas sampah 2020.

“Tentunya kita sebagai masyarakat sangat setuju dan sangat mendukung, kampanye tempat sampah di mobil. Setidaknya kita juga membantu Pemkot menjaga kebersihan di Kota Pontianak guna mewujudkan Pontianak Bebas Sampah 2020,” ucapnya.

Meskipun belum semuanya pemilik kendaraan roda empat menyiapkan tempat sampah pada kendaraanya, tetapi kebijakan tersebut sangat berdampak positif serta menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat Kota Pontianak.

Selain kampanye untuk menyediakan tempat sampah di dalam kendaraan roda empat, Pemerintah Kota Pontianak juga menggandeng perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkutan maupun logistik yakni Angkut’s dengan mengedepankan kemudahan bagi pelanggan dan memfokuskan pada pemanfaatan teknologi. Angkut sampah, kamu dituntut untuk mengumpulkan sampah anorganik meliputi botol plastik, air mineral gelas, kertas HVS, koran, kardus, dan kaleng alumunium. Sampah itu kemudian Angkuts beli dari anda dan selanjutnya akan dimanfaatkan. Kumpulkan sampah, pilah sampahnya dan dapat uang. Adapun tema daripada agenda angkut sampah ini yakni “Seminar Angkut’s Mulung’s, yang akan digelar pada Minggu 26 Februari 2017 mendatang. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY