Wakil Bupati Sintang, Askiman, Foto Bersama, Usai Launching Program Pasca Sarjana Magister Theologi STTK Sintang (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang, Askiman, Foto Bersama, Usai Launching Program Pasca Sarjana Magister Theologi STTK Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Drs Askiman, MM melaunching program pasca sarjana (Magister Theologi) Sekolah Tinggi Theologi Khatulistiwa (STTK) Sintang, yang berlangsung di aula STTK Sintang, Sei Sawak Komplek Agape Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang Kamis pagi (1/3).

Launching tersebut juga turut dihadiri Ketua STTK Sintang, Ketua GKII Wilayah 2 (dua) Kalbar, mahasiswa STTK Sintang dan unsur terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Askiman mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang luar biasa karena telah di bukanya program pasca sarjana di STTK, menurut Askiman dibukanya program pasca sarjana itu merupakan berkat dan kasih karunia Tuhan.

“Program S2 ini harus disebarluaskan kepada semua jemaat gereja, organisasi gereja apapun, sebarkan kepada hamba Tuhan yang kiranya untuk melanjutkan pendidikannya di S2 ini,” kata Askiman.

Selain itu Askiman menilai program pasca sarjana ini tidak hanya di butuhkan para hamba Tuhan saja namun juga dibutuhkan atau kesempatan bagi semua jemaat yang ingin mendalami ilmu keagamaan.

“Saya sendiri secara pribadi sangat tertarik, karena apa?, basic saya bukan pendeta, basic saya bukan orang theologi, tetapi saya sangat tertarik ingin memperlajari, ingin mendalami semua isi firman Tuhan,” ungkapnya.

Askiman menerangkan Pemerintah Kabupaten Sintang akan memberikan dukungan yang maksimal melalui dunia pendidikan, namun pembinaan secara langsung untuk perguruan tinggi sudah berubah dari segi kewenangan, karena sudah menjadi kewenangan kemendikti yang bekerja sama dengan dengan Kementrian Agama.

“Tapi untuk pembinaan berdasarkan wilayah otonomi Kabupaten Sintang, kerena STTK ini berdiri disini mari kita saling berdiskusi untuk kelangsungan kedepannya, karena saya melihat di Sintang ini banyak terbangun STTK baik dari tingkat SMA, namun semakin tahun peminatnya kurang, ini perlu kita kaji ulang nanti apa penyebabnya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua STTK Sintang, Karnudin mengatakan program pasca sarjana Magister Theologi STTK Sintang ini masa perkuliahannya akan dimulai Maret 2018 ini dan untuk proses perkuliahan setiap bulan akan dilaksanakan selama satu minggu saja.

“Sudah lebih dari 10 orang yang sudah daftar, target kita 20 orang, perkuliahan akan dimulai, sementara untuk proses perizinan sudah kita ajukan,” kata Karnudin.

Karnudin menambahkan dengan adanya program pasca sarjana Theologi ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh gembala-gembala S1 Theologi untuk lebih meningkatkan ilmu dan wawasan meraka dalam keagamaan yang kedepannya dapat mengembangkan gerejanya, pelayananya di gereja masing-masing.

“Kami sangat bersyukur Pemerintah Kabupaten Sintang mendukung dengan di bukanya S2 ini,” tambah Karnudin. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY