Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, Saat Memimpin Upacara Pelantikan dan Pengukuhan Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas (Foto: Mur/Hms)
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, Saat Memimpin Upacara Pelantikan dan Pengukuhan Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas (Foto: Mur/Hms)

KalbarOnline, Sambas – Pemerintah Kabupaten Sambas menggelar upacara pelantikan dan pengukuhan pejabat administrator dan pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas, di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Senin (13/2) kemarin.

Kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc, disaksikan Wabup Sambas, Hj Hairiah SH MH dan pejabat eselon II Pemda Kabupaten Sambas. Pada upacara pelantikan dan pengukuhan tersebut, 106 pejabat setingkat eselon III dan IV dilantik, dan 146 pejabat eselon III dan IV dikukuhkan.

Ada tiga jabatan Camat yang turut diubah Bupati Sambas. Adalah Jabatan Camat Teluk Keramat diisi Usman, Camat Jawai Selatan, Arsyad, dan Jabatan Camat Paloh, Suhaimi. Nawazi, yang sebelumnya menjabat Camat Teluk Keramat, dimutasi pada jabatan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Aparatur Daerah Kabupaten Sambas.

Dalam sambutannya, Bupati Sambas, Atbah menegaskan para pejabat yang telah dilantik menepati sumpah janji pelantikan. Dia menegaskan jangan sampai para pejabat melakukan hal-hal yang dilarang dalam aturan ASN.

“Pengukuhan ini dapat diartikan bahwa penempatan kembali pejabat dalam jabatan yang setingkat sesuai nomenklatur tugas fungsi jabatan yang sama atau mengalami perubahan namun tidak menutup kemunkinan untuk dipindahkan ke SKPD yang baru sepanjang masih dalam jenjang jabatan yang sama,” ujarnya.

Momentum pelantikan dan pengukuhan, dijelaskan Bupati, sebagai momentum peningkatan kinerja organisasi dalam melayani masyarakat Kabupaten Sambas. Atbah mengatakan bahwa semua yang bekerja dijajaran Pemda Kabupaten Sambas, digaji oleh rakyat, sehingga harus siap untuk melayani rakyat.

“Setiap aparatur menyadari bahwa keberhasilan yang kita capai tidak terlepas adanya dukungan bantuan dan peran dari berbagai pihak. Untuk itu, bangun koordinasi yang baik antar unit kerja yang ada dan jadikan koordinasi itu sebagai kebutuhan,” paparnya.

Bupati juga meminta agar setiap ASN terutama pejabat yang telah dilantik dan dikukuhkan menghilangkan perasaan bahwa unit kerja yang dipimpin adalah unit kerja yang paling penting atau strategis.

Atbah mengingatkan jangan sampai terjebak pada ego sektoral dan menjauhkan pada upaya pencapaian tujuan. Dijelaskan Bupati, dia mengedepankan kompetensi sebagai bagian bahan evaluasi penilaian kinerja.

“ASN harus meningkatkan dan mengasah kompetensi masing-masing, berkerjalah sebaik-baiknya, jadilah yang terbaik dan tunjukkan kinerja terbaik saudara untuk mewujudkan Sambas hebat. Senantiasa berbuat kebaikan karena setiap kebaikan akan melahirkan kebaikan lainnya,” tuturnya.

Sementara Wabup Sambas, Hj Hairiah SH MH turut memberikan selamat kepada semua pejabat yang telah dikukuhkan dan dilantik. Wabup menerangkan jabatan tersebut adalah kepercayaan untuk mengemban tugas jabatan dalam mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sambas yang telah menjadi visi pembangunan daerah.

“Penting untuk setiap ASN menunjukkan prestasi, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi serta menunjukkan bahwa para pejabat yang ditelah diamanahkan jabatan memang benar-benar orang pilihan yang profesional dengan ide-ide kreatif serta inovatif,” ungkap Hairiah.

Wabup juga mengemukakan pentingnya ASN menciptakan harmonisasi, suasana tenang dan dalam kedamaian, menghindari perpecahan dengan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan kekeluargaan.

Ia menambahkan bahwa sikap saling menghargai antara atasan dengan bawahan perlu terus dikembangkan.

“Reformasi birokrasi adalah pekerjaan besar, dan untuk menciptakan tatanan dan tradisi baru perlu kepemimpinan yang kuat dan patut diteladani,” imbuh Wabup. (Mur/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY