Anggota DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, Saat Menyampaikan Sambutannya Dalam Resesnya di Kelurahan Hilir Kantor (Foto: Ishaq)
Anggota DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, Saat Menyampaikan Sambutannya Dalam Resesnya di Kelurahan Hilir Kantor (Foto: Ishaq)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Guna menyerap dan mendengar langsung aspirasi masyarakat sekaligus menyambung tali silaturahmi dengan masyarakat Kelurahan Hilir Kantor, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, anggota DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi.ES melaksanakan reses di wilayah konstituennya, yang berlangsung di aula LPM Kelurahan Hilir Kantor, Sabtu (17/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Lurah Hilir Kantor Erol Amirudin, Aliyanto, SE, Eli Sumadi, Yanto dari Staf Sekretariat DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Ketua RT, Ketua RW, tokoh Agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se Kelurahan Hilir Kantor.

Suasana Reses Anggota DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi di Kelurahan Hilir Kantor (Foto: Ishaq)
Suasana Reses Anggota DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi di Kelurahan Hilir Kantor (Foto: Ishaq)

Kegiatan reses ini selain dalam rangka mendengar serta menyerap aspirasi, juga mendengarkan saran dan masukan langsung dari masyarakat Kelurahan Hilir Kantor terkait apa saja yang menjadi kendala terkait masalah pembangunan, baik itu dibidang infrastuktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya yang masih menjadi kendala.

Kuswandi dalam sambutanya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kelurahan Hilir Kantor yang memberikan kepercayaan kepadanya sebagai Anggota DPRD Kapuas Hulu.

“Tentu, tanpa dukungan dari bapak ibu semua, tidak mungkin saya menjadi anggota DPRD Kapuas Hulu,” ucapnya.

Kuswandi mengatakan bahwa kegiatan reses tersebut merupakan hak dan kewajiban anggota DPR/D untuk mendengar dan melihat dan menyerap langsung keluhan, saran maupun masukan atau aspirasi dari masyarakat.

“Dan reses ini sudah diatur didalam aturan yang berlaku. Karena menyerap aspirasi sesuai dengan tufoksi saya,” ucapnya

Politisi partai Golkar ini juga menjelaskan bahwa reses ini bukan merupakan ego yang ditampilkan olehnya tetapi merupakan tanggungjawab moralnya kepada konstituen, khususnya kepada  masyarakat Kelurahan Hilir Kantor dan konstituen lain yang sudah memilihnya.

“Aspirasi ini juga akan saya bawa ke pra-musrenbang akan saya perjuangkan di musrenbang. Ada beberapa usulan dari Hilir Kantor yang tidak terakomodir atau tidak ada data usulan, maka dari itu, saya berinisiatif mengadakan pertemuan ini untuk persiapan pra-musrenbang dan sampai pada tahapan musrenbang nantinnya,” ungkapnya.

Dalam penyampaian usulan maupun perencanaan pembangunan mengacu pada e-Planing sistem perencanaan pembangunan daerah berdasarkan Perundang-undangan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), jika perencanaan pembangunan daerah tidak masuk didalam e-Planing sistem, artinya mundur ke belakang.

“Untuk itu saya berharap dari bapak ibu sekalian untuk menyampaikan usulan, masukan dan saran yang berkaitan pembangunan yang ada di Kelurahan Hilir Kantor ini,” pinta Kuswandi.

Sementara itu Abang Hanafiah dan Murjani, warga Kelurahan Hilir Kantor meminta dan berharap agar persoalan abrasi pantai atau tanah longsor segera diatasi dan meminta kepada anggota DPRD Kapuas Hulu Kuswandi untuk bisa memperjuangkanya ke Pemerintah Pusat.

“Sebab, persoalan abrasi pantai atau tanah longsor di Kelurahan Hilir Kantor sudah memprihatinkan yang mana sudah banyak rumah warga setempat roboh akibat abrasi pantai,” ucap Abang Hanafiah.

Persoalan lain yang disampaikan warga Kelurahan Hilir Kantor kepada Kuswandi yakni terkait pembangunan infrastruktur jalan gang, riol atau gorong-gorong drainase, rumah ibadah, bidang pendidikan, bidang kesehatan, sosial, bak sampah, budaya, pertanian, perikanan, pos kamling, olahraga maupun yang lainnya.

Menanggapi itu, Kuswandi akan menyampaikan usulan-usulan tersebut dalam pra-musrenbang nantinya. Tentunya melihat dari asas prioritas, yang mana yang lebih menjadi prioritas. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY