Ketua Kwartir Cabang Mempawah, Dr H Rahmad Satria, Saat Menyampaikan Sambutannya Pada Rakercab Kwartir Cabang Mempawah 2017 (Foto: Muh/Kwarcab)
Ketua Kwartir Cabang Mempawah, Dr H Rahmad Satria, Saat Menyampaikan Sambutannya Pada Rakercab Kwartir Cabang Mempawah 2017 (Foto: Muh/Kwarcab)

Diharapkan Dapat Melahirkan Program Pendidikan Karakter dan Mental

KalbarOnline, Mempawah – Dalam rangka memantapkan pelaksanaan kegiatan Kepramukaan di tahun 2017 dan menyerap aspirasi untuk program kegiatan di tahun 2018, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Mempawah melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) 2017 yang dilaksanakan mulai tanggal 12 April 2017 hingga 13 April 2017 di Graha Pramuka Mempawah, Jalan Raden Kusno Mempawah.

Kegiatan Rakercab 2017 diikuti oleh perwakilan dari Kwartir Ranting dan Dewan Kerja Ranting se Kabupaten Mempawah dan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Barat, H Suriyadi, S.Sos., M.Si.

Kegiatan pembukaan Rakercab 2017 diawali dengan pembacan do’a dan dilanjutkan dengan laporan ketua Panitia Rakercab IPDA Daryono. Dalam laporannya, ketua Panitia melaporkan bahwa peserta yang mengikuti Rakercab 2017 diikuti oleh sebanyak 59 Peserta, yang terdiri dari 18 Perwakilan Kwartir Ranting, 18 orang Perwakilan Dewan Kerja Ranting dan sebanyak 23 orang andalan Kwartir Cabang Mempawah.

Ketua Kwartir Cabang Mempawah, Dr.H.Rahmad Satria, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rakercab merupakan langkah awal bagi Kwartir Cabang Mempawah dalam upaya mewujudkan tujuan utama dari Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya Organisasi Kepemudaan yang memiliki Undang-Undang, yaitu UU No 12 Tahun 2010. Gerakan Pramuka mengemban tanggung jawab yang cukup berat dalam membina Generasi muda menjadi generasi yang bertaqwa dan berbudi pekerti luhur.

“Selain itu gerakan pramuka juga sejalan dengan program revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah dan target kita selanjutnya adalah mempertahankan predikat Kwartir Cabang Mempawah sebagai Kwartir Cabang Tergiat I di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Rahmad Satria yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Mempawah ini berharap dalam pelaksanaan Rakercab 2017 ini dapat melahirkan program-program yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan karakter dan mental para anggota pramuka di Kabupaten Mempawah.

“Para peserta Rakercab diharapkan dapat memberikan masukan atau input yang positif yang nantinya akan diproses menjadi sebuah output dalam bentuk kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda sehingga menghasilkan sebuah outcame generasi muda yang bertaqwa dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka,” imbuhnya.

Sementara Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat, H Suriyadi, S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Kwartir Cabang Mempawah sebagai Kwartir Cabang tergiat I Se-Kalimantan Barat.

“Kwarcab Mempawah memang layak dan pantas menerima Predikat sebagai Kwartir Cabang Tergiat I. Kwarcab Mempawah tidak hanya aktif dalam melaksanakan kegiatan, namun juga aktif dalam mempublikasikan setiap kegiatan yang dilaksanakan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga berhasil meningkatkan eksistensi dan kredibilitas Gerakan Pramuka di Kalimantan Barat maupun di tingkat Nasional,” ujarnya.

H Suryadi juga berharap agar apa yang dilakukan oleh Kwarcab Mempawah juga bisa diikuti oleh Kwartir Cabang lainnya di Kalimantan Barat, sehingga gerakan pramuka semakin memikat generasi muda untuk ikut bergabung dalam kegiatan kepramukaan.

Pada acara pembukaan Rakercab 2017, Kwartir Cabang Mempawah juga memberikan bantuan operasional kepada masing-masing Kwartir Ranting sebesar Rp5.000.000,- yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua Kwarcab Mempawah, Dr H Rahmad Satria, SH., MH. (Muhadis/Rdy)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY