Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, Saat Menyambut Rombongan Pangdam XII Tpr, Mayjen TNI Andhika Perkasa (Foto: Mur/Hms)
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili, Saat Menyambut Rombongan Pangdam XII Tpr, Mayjen TNI Andhika Perkasa (Foto: Mur/Hms)

Jalan Paralel Sajingan Besar – Jagoi Babang

KalbarOnline, Sambas – Panglima Kodam XII Tanjung Pura, Mayjen TNI Andhika Perkasa, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sambas, tepatnya di Kecamatan Sajingan Besar, Rabu (27/9).

Kunjungan Pangdam didampingi beberapa pejabat Kodam XII/Tpr dan rombongan ibu-ibu Persit.

Rombongan Pangdam disambut langsung Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili Lc dan Ketua TP PKK Sambas, Hj Lusyanah Kosasih Atbah.

Beberapa pimpinan SKPD, Camat Sajingan Besar dan Kades Se-Kec Sajingan turut hadir berdialog bersama Pangdam.

Dalam sambutannya, Pangdam mengatakan ingin melihat langsung kesiapan jalan paralel yang menghubungkan Sajingan Besar ke Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang serta Sajingan Besar ke Temajuk, Kecamatan Paloh.

Dikatakan dia, hal itu perlu dilakukan dalam rangka antisipasi, jika pemerintah pusat ingin mengadakan inspeksi terhadap proyek jalan paralel perbatasan.

Tujuannya sebut dia, protokol kondisi peninjauan oleh pemerintah pusat dapat terpetakan dengan baik.

Bersama Bupati dan rombongan Pangdam juga melihat langsung kesiapan lokasi PLBN Aruk.

Di Kantor PLBN Aruk, Pangdam berdialog langsung dengan Kepala Unit Pengelola Pos Pemeriksaan Lintas Batas (UP3LB) Aruk, Manto Saidi dan beberapa pengelola seperti Keimigrasian, Bea Cukai hingga Karantina PLBN Aruk.

Seyogyanya, Rombongan Pangdam yang berangkat melalui jalur darat dari Kota Singkawang, usai singgah ke Sajingan Besar, melanjutkan perjalanan menyusuri jalan paralel dari Sungai Bening, Sajingan Besar menuju Desa Temajuk di Kecamatan Paloh.

Namun, dikarenakan kondisi waktu dan cuaca, rombongan urung melanjutkan peninjauan dan memilih membahas kesiapan di jalur Sajingan Besar.

Dalam sambutannya, Atbah mengharapkan kunjungan kerja Pangdam ke Sajingan Besar memantau kondisi jalan paralel, adalah sinyal baik untuk pembangunan dan kemajuan pembangunan Kabupaten Sambas.

Atbah berharap kendala yang masih dihadapi PLBN Aruk seperti Road Tax, akan segera terpecahkan dengan kunker Pangdam.

Minimal jelas dia, isu itu turut menjadi laporan Pangdam ke pemerintah pusat.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat, karena telah memberikan pembangunan yang besar dan bagus untuk perbatasan negara di Sajingan Besar. Kita harapkan kedepannya, jembatan Sungai Sambas Besar dan kemajuan di Sajingan Besar khususnya Aruk lebih cepat terwujud,” tegas Atbah. (Mur/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY