F Iwan Karantika Jabat Ketua Umum

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si, mengukuhkan secara resmi pengurus lembaga pembinaan dan pengembangan pesta paduan suara gerejani (Pesparani) katolik daerah Kabupaten Sekadau periode 2017-2022 di gereja Katolik Santo Petrus Rasul, Kamis (17/11).

Pengukuhan pengurus Pesparani ini diawali dengan misa kudus Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama katolik. Perayaan misa dimpin langsung oleh pastor ketua dekenat salib suci Sekadau Pastor Kristianus, CP dengan didampingi tiga orang pastor dan satu orang frater, masing-masing pastor kepala paroki santo petrus rasul Pastor Hernimus Maing Latu, Pr, Pastor kepala Paroki Rawak Pastor Yustinus, CP dan Pastor Kepala Paroki Nanga Taman Pastor Martinus Ngabadi, CP dan Frater Vinsen.

Pesparani Kabupaten Sekadau resmi dinahkodai oleh F Iwan Karantika yang juga Kepala BPKAD Kabupaten Sekadau. Selain dikukuhkan oleh Bupati, pengurus pesparani Kabupaten Sekadau ini juga diberkati oleh pastor Ketua Dekenat Salib Suci Sekadau.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pesparani Kabupaten Sekadau, Iwan Karantika menjelaskan dasar terbentuknya Pesparani. Menurutnya pembentukan Pesparani didasarkan pada Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2016 tentang Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik.

Ini menunjukan bahwa di seluruh Indonesia mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten bahkan kecamatan berkewajiban membentuk pengurus Pesparani. Iwan memberikan apresiasi kepada Menteri Agama Republik Indonesia yang telah membentuk lembaga paduan suara gereja katolik ini.

Untuk itu Iwan, meminta kerjasama semua pihak agar rencana dan program yang diamanahkan oleh Pemerintah dalam hal ini menteri agama dapat terwujud.

“Saya juga meminta doa dan dukungan semua pihak agar segala rencana dan program dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya mengapresiasi terbentuknya lembaga pembinaan dan pengembangan pesta paduan suara gerejani (Pesparani) katolik daerah Kabupaten Sekadau.

Rupinus berharap dengan terbentuknya lembaga ini, diharapkan mampu membina dan mengembangkan pesta paduan suara gerejani katolik khususnya di Kabupaten Sekadau.

Rupinus juga meminta pengurus yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

Orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini beharap, para pastor, bruder, suster dan biarawan biarawati biarawan untuk membantu lembaga tersebut dalam menjalankan tugasnya.

Tak hanya itu, ia juga meminta dukungan tokoh masyarakat, para pemimpin umat, ketua kring agar dapat membnatu setiap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan oleh lembaga ini.

“Beri masukan dan saran yang membangun agar apa yang dicita-citakan dapat terwujud. Sesuatu yang dikerjakan bersama-sama tentunya akan membuahkan hasil yang lebih baik pua,” tuturnya.

Sementara itu, Pastor ketua Dekenat Salib Suci Sekadau Paroki Santo yang juga kepala Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Pastor Kristianus CP mengatakan, pihak gereja di tujuh paroki di kabupaten sekadau siap mendukung kegiatan dan program dari Pesparani. Ia juga mengapresiasi terbentuknya Pesparani di Kabupaten Sekadau.

“Saya ucapkan selamat kepada para pengurus yang dilantik. Semoga dapat bekerja dengan sebaik-baiknya,” tutur pastor asal tapang pulau Kecamatan Belitang Hilir ini.

Pada kesempatan itu, Bupati juga memberikan bantuan kepada seorang ASN di lingkungan Pemkab Sekadau yang sakit. Bantuan tersebut dari ikatan keluarga katolik Pemkab Sekadau. (Mus/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY