Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Pembukaan Kontes dan Pameran Burung Berkicau, Dalam Rangka Menyemarakan Hari Jadi ke-656 Kota Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Pembukaan Kontes dan Pameran Burung Berkicau, Dalam Rangka Menyemarakan Hari Jadi ke-656 Kota Sintang (Foto: Sg/Hms)

Bupati Jarot buka kontes dan pameran burung berkicau

KalbarOnline, Sintang – Dalam rangka peringatan Hari Jadi ke – 656 Kota Sintang, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar Kontes dan Pameran Burung Berkicau di Pedok Kicau Mania, Komplek Stadion Baning Sintang, yang secara langsung dibuka Bupati Sintang, Jarot Winarno, Minggu (6/5).

Kontes tersebut diikuti ratusan pecinta burung berkicau (Kicau Mania) dari sejumlah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat seperti Kapuas Hulu, Sintang, Melawi bahkan dari Kota Pontianak.

Bupati Sintang Jarot Winarno, menyatakan apresiasinya. Lantaran kontes bagi para pecinta Kicau mania di Kabupaten Sintang ini luar biasa terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti kontes burung.

“Sehingga kita harus merubah pandangan bahwa para pecinta burung tidak hanya mengurung burungnya dalam sangkar tetapi memelihara, merawat burungnya dan ingin menunjukan potensi burung peliharaannya dengan suaranya yang merdu,” tukasnya.

Menurut Bupati Jarot, kicauan burung yang merdu ini sangat penting bagi jiwa untuk memberikan  perasaan nyaman bagi jiwa.

“Seperti diluar negeri, bahkan burung ini digantung dibeberapa rumah sakit untuk terapi terutama bagi pasien penyakit jantung termasuk di Klinik Radiologi anak-anak juga digantung burung hidup agar mereka tidak takut suntik,” tutur Bupati.

Bupati Jarot juga menegaskan bahwa kontes burung ini, selain merupakan salah satu cabang olahraga, juga merupakan seni serta menjaga lingkungan.

“Dalam kontes burung ini, saya sangat bahagia dihadiri para juri wanita dari luar daerah, dan ini sangat luar biasa, memberikan motivasi bagi para Kicau mania di daerah ini,” imbuhnya.

Pada kontes dan pameran burung berkicau peringatan Hari Jadi ke – 656 Kota Sintang, ada 4 kelas yang dipertandingkan yaitu kelas A, B, C, dan D. Dengan mempertandingkan jenis Burung Murai Batu Open, Burung Kacer, Burung Cucak Hijau, Burung Love Birt, Burung Srindit, Burung Kapas Tembak, Serta lomba Burung kelas campuran bebas (Open) Burung Kecil seperti Burung Blackstrout, Pleci, dengan hadiah berupa tropy serta uang tunai sebagai pembinaan dan pembagian Doorprize. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY