Calon Wali Kota Pontianak 2018, Edi Rusdi Kamtono (Foto: MD Group)
Calon Wali Kota Pontianak 2018, Edi Rusdi Kamtono (Foto: MD Group)

KalbarOnline, Pontianak – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, menegaskan bahwa Pemerintah Kota Pontianak berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan maupun kualitas kesehatan masyarakat.

“Jadi target kita diakhir 2018 Puskesmas di Pontianak dapat terakreditasi semuanya. Target itu ada persyaratan yang harus dipenuhi terutama sarana dan prasarana berupa bangunan, jumlah tenaga medis harus lengkap, peralatan medis, baru SOP pelayanan-pelayanan Puskesmas tersebut yang menjadi unggulan,” ujarnya seperti dilansir dari Tribun Pontianak.

Ia juga menjelaskan bahwa setidaknya Puskesmas harus bisa menyediakan pelayanan dasar kesehatan bagi warga dan setiap Puskesmas juga harus memiliki keunggulan masing-masing.

Ia juga mengungkapkan, saat ini Puskesmas Tani Makmur, ada pelayanan 24 jam untuk melahirkan.

“Memang target ini kita semua Puskesmas harus memiliki keunggulan pelayanan dan Pemkot mensupport penuh untuk mencapainya, itu bisa kita lihat dari anggaran APBD setiap tahunnya untuk bidang kesehatan selalu menjadi bagian prioritas,” tegasnya.

Sejauh ini komitmen tidak menjadi masalah, Pemerintah Kota akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Mereka yang mendapat palayanan juga tidak memilih, bahkan yang diutamakan adalah masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Mereka harus mendapatkan pelayanan gratis, mudah, cepat, ramah dan cepat sembuh. Ini merupakan suatu bentuk dari keseriusan pemerintah setempat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pencegahan yang diutamakan. Pola hidup sehat sangat penting bagi masyarakat kota Pontianak, jangan setelah sakit baru kita sadar. Kunci nya adalah pola hidup sehat, olahraga dan konsumsi makanan yang sehat. Serta menjaga lingkungan. Untuk saat ini, program gratis untuk masyarakat yang berobat ke puskesmas masih terus berjalan,” tandasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY