Taman Digulis (Foto: Ist)
Taman Digulis (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, beberapa waktu lalu berhasil mendapatkan penghargaan Kalpataru pada kategori kota besar se-Kalbar sekaligus penghargaan Sekolah Adiwiyata se-Kalbar yang diterima SMP 5, SMP 6 dan SMP 14 Pontianak.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berkomitmen akan terus memperbanyak keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) yang ada di Kota Pontianak.

“Kota kita sudah penuh dengan tanaman, tinggal pemeliharaannya. Masih banyak ruang hijau yang harus kita tanam dengan tanaman tematik, masih banyak ruas jalan yang belang, artinya masih tidak merata penghijauannya,” ujarnya beberapa waktu lalu seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Ruas-ruas jalan, utamanya yang memiliki lahan sempit, akan jadi target. Keterbatasan lahan itu diharapkan tak jadi alasan. Sebagaimana sebelumnya, ketika menanam pohon di Jalan Soedirman dan Jalan Tanjungpura.

“Ternyata bisa, pokoknya ada lahan-lahan kita tanam pohon sebagai paru-paru penyedia oksigen kota Pontianak dan jadikan Kota Pontianak teduh,” katanya.

Upaya sejak beberapa tahun terakhir memang terus dilakukan, sesuai dengan visi misi membangun Pontianak yang berwawasan lingkungan. Sampai-sampai, kawasan pemakaman umum pun dijadikan ruang terbuka hijau.

“Insya Allah ke depan infrastruktur Kota Pontianak makin indah, mulai tahun ini, proyek trotoar juga sudah berjalan,” tandasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY