Suasana Sosialisasi Etika Menggunakan Media Sosial Yang Digelar Kodam XII/Tpr (Foto: Ian/Hms)
Suasana Sosialisasi Etika Menggunakan Media Sosial Yang Digelar Kodam XII/Tpr (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Sekitar 2000 orang Prajurit, Persit dan Keluarga besar Kodam XII/Tanjungpura mengikuti ‘Sosialisasi Etika Menggunakan Media Sosial (Medsos)’ di Halaman Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Kecamatan Sui Raya, Kubu Raya, Kalbar, Rabu (22/03) kemarin.

Kegiatan sosialisasi tersebut mendatangkan narasumber Praktisi Medsos yakni Entis Somantri S.P. dan Tim Dispenad yang dipimpin oleh Kolonel Inf Efran Gunawan. Kegiatan sosialisasi didukung fasilitas Megatron 6 x 12 meter.

Praktisi Media Sosial, Entis Somantri memaparkan bahwa medsos sudah menjadi gaya hidup, maka dari itu peranan medsos dinilai penting bagi semua kalangan. Namun, dalam perkembangannya kini, medsos sering kali digunakan untuk hal-hal negatif.

“Medsos memang merubah segalanya, ada negara hancur karena Medsos, ada orang jadi artis dari Medsos, ada orang kaya dari Medsos, ada perusahaan hebat dari Medsos, banyak orang eksis di Medsos, banyak orang stress dari Medsos, gara – gara Medsos gaya hidup pun jadi berubah,” ujar Entis.

Entis Somantri memberikan tips bersosmed diantaranya membuat konten yang menarik, inspiratif dan edukatif, komunikatif, mudah dipahami, kredibel, akurat, aktif, interaktif dan konsisten.

Sementara Kolonel Inf Efran Gunawan menjelaskan bahwa perilaku di media sosial yang dapat menyebabkan berurusan dengan hukum sebab melanggar undang – undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik berupa postingan yang menyebabkan issu sara, merugikan konsumen, penghinaan, pencemaran nama baik, melanggar kesusilaan, perjudian, serta pemerasan atau ancaman.

Untuk itu, ia berpesan dalam menggunakan Medsos harap berpikir sebelum bertindak, cek kebenarannya, jadilah penebar kedamaian. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY