Ilustrasi Anjing Rabies (Foto: Ist)
Ilustrasi Anjing Rabies (Foto: Ist)

KalbarOnline, Sekadau – Camat Nanga Taman, Paulus Ugang menyatakan kesadaran masyarakat meningkat usai dilakukan sosialiasi sebelum dilakukan vaksinasi kepada hewan peliharaan.

Dirinya juga tak menampik bahwa sebelumnya masih banyak warga yang menolak hewan peliharaannya untuk di vaksin.

Bila dibuat perbandingan, kata dia, dari 10 warga di Nanga Taman 8 diantaranya sudah paham tentang pentingnya vaksinasi rabies.

“Kita bersyukur dengan tim yang langsung turun ke lapangan, hampir seluruh warga sudah paham tentang pentingnya vaksinasi rabies. Jadi sebelum kita lakukan vaksin, kita berikan penyuluhan kepada seluruh warga,” terangnya.

Vaksinasi dilakukan di tiga dusun di Desa Meragun, masing-masing, Dusun Ladak, Dusun Meragun, dan Dusun Sangke. Dan ada sebanyak 100 hewan peliharaan milik warga yang di vaksin, pada kegiatan yang digelar belum lama ini.

“Dan yang uniknya, setelah diberikan penjelasan respon warga sangat antusias. Mereka berbondong-bondong membawa anjing peliharaannya untuk di vaksin, ada yang di gendongnya dan macam-macam lah. Kalau sebelumnya kan masih banyak yang menolak,” ungkapnya.

Dirinya juga menjelaskan, warga juga tidak menuntut apabila anjing peliharaan akan mati setelah dilakukan vaksinasi, karena sudah dijelaskan tentang bahaya rabies di lingkungan sekitar. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY