Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Menyerahkan Piala Kepada Panitia MTQ tingkat Kecamatan Batu Ampar (Foto: Ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali Saat Menyerahkan Piala Kepada Panitia MTQ tingkat Kecamatan Batu Ampar (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Bupati Kubu Raya, Rusman Ali membuka Majelis Tilawatil Qu’ran (MTQ) tingkat Kecamatan Batu Ampar yang dipusatkan di Desa Nipah Panjang, Kecamatan Batu Ampar, Kubu Raya, Kamis (13/7).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Rusman Ali mengatakan bahwa MTQ sebagai ajang untuk menggali potensi diri dalam bidang ilmu keagamaan. Disamping itu MTQ juga sekaligus sebagai sarana untuk memasyarakatkan Qur’an.

“Yang paling penting dalam MTQ adalah bagaimana setiap umat Islam dapat memahami dan menjadikan Quran sebagai pedoman hidup dalam kehidupan sehari-sehari,” ujar Rusman Ali.

Bupati mengatakan bahwa MTQ Kecamatan Batu Ampar juga sebagai ajang untuk melahirkan Qori dan Qoriah terbaik di Kabupaten Kubu Raya. Melalui MTQ dapat menghasilkan generasi Quran. Dimana mereka akan dapat menghafal, mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini juga sekaligus sebagai sarana untuk memasyarakatkan Quran. Sebab selama kegiatan berlangsung, masyarakat akan banyak yang menyaksikan karna dilaksanakan dengan terbuka. Barangkali masyarakat yang belum akrab, akan semakin dekat dengan Quran. Dengan demikian semakin banyak umat Islam yang akrab dengan Quran,” tutur Bupati.

Bupati mengatakan kegiatan dan lomba-lomba dalam MTQ dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah sang pencipta. Mengambil nilai-nilai religus sebagai sarana dan modal dasar dalam membangun kehidupan bersama di masyarakat.

“MTQ hendaknya dapat dijadikan sebagai motivasi dalam menjungjung nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bersama di masyarakat. Sekaligus sebagai ajang kompetisi yang positif dan membangun silaturahmi antar kontingen,” imbuh Bupati.

Ketua LPTQ Kecamatan Batu Ampar, Alfian menuturkan bahwa kegiatan tersebut sebagai persiapan untuk menyiapkan Qori dan Qoriah Batu Ampar pada MTQ Kubu Raya ke-5 yang dilangsungkan September mendatang di Padang Tikar.

“Kita harapkan bisa menghasilkan Qori dan Qoriah yang profesional sebagai persiapan kita dalam mengikuti MTQ Kubu Raya ke-5 yang diperkirakan pada September dan Oktober 2017 di Padang Tikar. Kita berharap MTQ Kecamatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukes,” tandas Alfian. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY