Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh Foto Bersama di Depan Stand Kapuas Hulu Pada Kegiatan Batam Indagkop 2017 (Foto: Ishaq)
Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh Foto Bersama di Depan Stand Kapuas Hulu Pada Kegiatan Batam Indagkop 2017 (Foto: Ishaq)

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Pada kegiatan Pameran Produk Unggulan dan Peluang Investasi Sektor Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, UKM dan Pariwisata yang dilaksanakan mulai tanggal 24-27 Maret 2017 (Batam Indagkop dan UKM Expo 2017) di Mega Mall Batam Center, Kabupaten Kapuas Hulu meraih juara 2 (dua) untuk kategori stand terbaik, setelah Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi dan juara ketiga diraih Diseperindakop dan UKM Kabupaten Kedal.

Kasi Promosi Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu, Edyatma mengatakan bahwa pada pameran tersebut pihaknya menampilkan kerawing galery. Produk unggulannya berupa gelang ramah lingkungan berbahan rotan, resam, anggrek hutan dan kantong semar.

Selain itu juga ada tas dan topi yang semuanya berbahan alami hasil hutan serta berbagai jenis produk unggulan daerah ini.

Pada pemeran itu, dari Kapuas Hulu dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh, SH., MM dan didampingi Kabid Perdagangan H Ilhamsyah Ugen, yang turut menghadirkan salah seorang pengerajin asal Kapuas Hulu, Franciska Mening.

“Pengunjung sangat antusias mengunjungi stand Kapuas Hulu. Yang paling diminati gelang-gelang yang terbuat dari rotan atau bahan hasil alam lainnya,” tutur Edy.

Selain itu, kata Edy, pihaknya juga memamerkan tenunan ikat dan tenunan sidan berupa syall kain dan tas yang dipadukan dengan kain dan kulit. Tidak ketinggalan anyaman koban barunai dan senjata tradisional berupa mandau yang merupakan ciri khas Kapuas Hulu (Kalimantan).

Selain itu, pihaknya juga memamerkan alat-alat rumah tangga, berupa sendok dan asbak rokok dari kayu tebelian (Ulin).

Demikian juga dengan aksesoris berupa manik berupa gelang, cincin, kalung syall, tas dan topi.

“Ada 34 peserta dari kabupaten/kota seluruh Indonesia yang ikut di dalam kegiatan Batam Indagkop dan UKM expo 2017 ini,” jelasnya.

Dalam penilaian, lanjutnya, ada beberapa poin penting yang jadi penilain dewan juri. Seperti keindahan stand, termasuk didalamnya keindahan dan kebersihan stand.

Demikian juga dengan desain stand, baik eksterior maupun interiornya. Demikian juga penampilan materi informasi promosi produk yang dipamerkan serta kecakapan dan keterampilan petugas penjaga stand.

Dari beberapa indikator penilaian tersebut, maka Kapuas Hulu berhasil menyisihkan 33 dari 34 peserta Kabupaten/kota lain se Indonesia, sebagai juara juara stand terbaik dua. (Ishaq)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY