Kombes Pol Purwanto: Jabatan itu amanah yang sewaktu-waktu dapat diserahterimakan

KalbarOnline, Pontianak – Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Purwanto memimpin Sertijab sejumlah perwira dan pejabat yang dilaksanakan di Aula Mapolresta Pontianak Kota, belum lama ini.

Adapun sejumlah perwira dan pejabat yang disertijab tersebut diantaranya, Kompol YA Muhammad Ilyas Kabag Ren Polresta Pontianak Kota diserahterimakan pada Kompol Hasyani.

Kompol Saloom Pardamean Silaban Kapolsek Pontianak Barat diserahterimakan pada Kompol Bernawis. AKP Hery Purnomo sebagai Kapolsek Sungai Ambawang, IPTU Jumari Setiawan Kapolsek Kuala Mandor B diserahterimakan pada IPTU Suryadi.

Kombes Pol Purwanto mengatakan bahwa mutasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam institusi Polri sebagai Tour Of Duty And Tour Of Area.

“Semuanya itu untuk kepentingan yang lebih besar dan perbaikan perbaikan dalam institusi. Sekaligus dalam rangka memberikan reward dan punishment kepada anggota yang mengawaki dalam institusi Polri,” ujarnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa mutasi merupakan salah satu langkah penyegaran organisasi pada aspek sumber daya manusia dan aspek pembinaan kesatuan dengan melalui pentahapan jabatan yang disesuaikan dengan kepangkatan yang disandang.

Ia juga mengingatkan, menyandang suatu jabatan tidak semudah apa yang dibayangkan serta diharapkan karena semakin tinggi jabatan dan kepangkatan semakin besar pula tugas dan tanggungjawab yang diemban.

Dengan jabatan tersebut, lanjutnya, harus tetap disikapi sebagai suatu wadah untuk membangun Polri yang lebih baik dan dicintai oleh masyarakat.

“Karena jabatan merupakan amanah yang setiap saat atau setiap waktu dapat diserahterimakan. Hal ini tentunya selain demi kepentingan organisasi Polri juga demi kepentingan masyarakat bangsa dan negara,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Pontianak Kota ini juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pejabat lama, atas segala dedikasi dan loyalitas selama melaksanakan tugas di Polresta Pontianak Kota.

“Semoga ditempat yang baru, akan semakin sukses dalam berkarier serta terapkan kegiatan kegiatan yang positif dan pengalaman yang didapat selama bertugas di Polresta Pontianak Kota sebagai bekal ditempat bertugas yang dapat memberikan warna dan corak yang baru,” harapnya.

Ia juga berpesan pada Kapolsek yang baru agar segera menyusun rencana kegiatan dalam pelaksanaan pencapaian program akselerasi Kapolri, Promoter dan Comender wish serta lakukan audit terhadap pelaksanaan organisasi.

“Karena Polresta Pontianak Kota merupakan barometer dari Polres-Polres lain pada pelaksanaan tugas pokok Polri,” imbuhnya.

Di era reformasi yang sudah beberapa tahun kita lalui masih ditemukan banyak penyimpangan yang disebabkan belum memahami akan jati diri sebagai anggota Polri yang promoter.

Dimana disatu sisi, kita sebagai mitra masyarakat yang dalam pelaksanaan tugas harus dengan senyum sapa salam (Soft hand of society) dan harus memberikan dampak yang positif serta memberikan rasa aman.

Namun disisi lain, kita sebagai penegak hukum yang harus dilaksanakan secara tegas dan tidak pandang bulu.

“Laksanakan prinsip dalam pelaksanaan tugas membangun kinerja melalui kebersamaan,” pungkasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY