Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono Saat Diwawancarai Awak Media Usai Menghadiri Rapat Interaksi Antar Legislatif dan Eksekutif di Aula Kantor DPRD Kabupaten Kubu Raya (Foto: Ian)
Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono Saat Diwawancarai Awak Media Usai Menghadiri Rapat Interaksi Antar Legislatif dan Eksekutif di Aula Kantor DPRD Kabupaten Kubu Raya (Foto: Ian)

KalbarOnline, Mempawah – Kompol Dedi Setiawan resmi menjabat sebagai Wakapolres Mempawah, yang menggantikan pejabat lama Kompol Engkus Kusnadi, yang ditandai dengan serah terima jabatan (Sertijab) di Markas Polda Kalbar, Selasa (21/2) kemarin.

Diketahui sebelumnya Kompol Dedi Setiawan menjabat sebagai Wakapolres Kapuas Hulu. Sementara Kompol Engkus Kusnadi, akan bertugas di tempat yang baru sebagai Kasubbag Renmin Krimun Polda Kalbar.

Dalam Sertijab tersebut tidak hanya dilakukan pada jabatan Wakapolres, pergantian posisi disejumlah jabatan juga dilakukan, seperti Kabag Ops Polres Mempawah. Kompol Dwi Murtiono yang akan menempati tempat tugas baru sebagai Wakapolres Kapuas Hulu.

Sementara jabatan Kabag Ops kini dijabat Kompol Joko Sulistiono yang sebelumnya menjabat sebagai Pamen Polres Mempawah.

Adapun sertijab dipimpin langsung oleh Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, SIK.

“Saya menaruh kepercayaan sepenuhnya kepada pejabat yang baru. Dan saya yakin saudara-saudara semua dapat membantu tugas Kapolres untuk menjadikan Polres Mempawah semakin baik lagi,” ujar Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, dalam sambutannya.

Kapolres Mempawah mengapresiasi keteladanan para pejabat sebelumnya, yang kini berpindah tugas ditempat yang baru, sehingga patut dicontoh. Sebab, selama bertugas di Polres Mempawah, ia menilai sudah banyak terobosan serta ide-ide kreatif yang telah diberikan, dan sangat bermanfaat bagi institusi Polri khususnya di Polres Mempawah.

“Saya yakin, saudara-saudara semua dapat membantu tugas saya selaku Kapolres untuk menjadikan Polres Mempawah semakin baik lagi,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan, selain anugerah, jabatan juga merupakan amanah. Karena itu dirinya meminta kepada jajaran dan kepada pejabat yang baru, untuk mengenal karakteristik wilayah tugasnya, termasuk dengan wilayah lain.

Sedangkan untuk wilayah hukum Polres Mempawah, dikatakan Kapolres, mempunyai wilayah yang cukup luas, karena masih meliputi dua kabupaten dan berbatasan langsung dengan wilayah perbatasan dengan negara tetangga yang mempunyai dampak positif dan negatif. Selain itu Kabupaten Mempawah dinilai memiliki keragaman yang dinamis.

“Keragaman yang multi etnis apabila dikelola dengan baik akan berkontribusi baik bagi pendapatan daerah. Dengan datangnya wisatawan misalnya, maka mereka akan mengetahui lebih dekat lagi keaneka ragaman etnis serta budaya yang ada di Kabupaten Mempawah. Namun, apabila tidak dikelola dengan baik bisa menimbulkan kerawanan konflik sosial. Karena itu kita perlu melakukan kegiatan rutin diwilayah hukum kita, dan itu harus ditingkatkan,” paparnya.

Selain melakukan sertijab Wakpolres dan Kabag Ops, Kapolres juga melakukan Sertijab Iptu Suharjo sebagai Kapolsek Kubu yang sebelumnya dijabat oleh Iptu David Dino Sipahutar. Sedangkan AKP Arto yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Pinyuh, kini menjabat sebagai Waka Polsek Pinyuh.

Iptu Sunardi yang sebelumnya bertugas sebagai pejabat sementara Kapolsek Batu Ampar, kini menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Pinyuh, dan Iptu Sukirman yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Teluk Pakedai kini menjabat sebagai Kapolsek Batu Ampar.

Serah terima jabatan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat telegram Kapolda Kalbar, yang dimaksudkan sebagai penunjang karir bagi anggota polri dalam melaksanakan tugas. Penyegaran ditubuh institusi Polri berdasarkan peraturan Kapolri nomor 23 tahun 2010 tentang struktur organisasi tingkat kepolisian resort dan kepolisian sektor.

Jabatan Wakapolres merupakan jabatan yang strategis di tingkat Polres yang bertugas mengendalikan, mengkoordinir serta mengawasi tugas-tugas staf dalam tugas sehari-hari. Demikian juga jabatan Kabag Ops, Kasat Binmas serta Kapolsek yang memiliki tugas membantu Kapolres sesuai tugas pokok masing-masing. (Lis)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY