Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Saat Berdialog Dengan Masyarakat Seponti Kayong Utara (Foto: MCMN)
Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Saat Berdialog Dengan Masyarakat Seponti Kayong Utara (Foto: MCMN)

Pengadaan pupuk dan bibit unggul serta penguatan peran BUMDes

KalbarOnline, Kayong Utara, Pontianak – Dalam lawatan safari kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 3 (tiga) di Kecamatan Seponti, Kabupaten Kayong Utara, Sutarmidji maupun Ria Norsan menjabarkan kepada masyarakat mengenai program unggulannya untuk mewujudkan Kalbar Baru yang maju, sejahtera dan untuk semua golongan, Minggu (18/3).

Sutarmidji yang akrab disapa Bang Midji dalam pemaparannya menegaskan komitmennya untuk mensejahterakan para petani di Kalbar dengan mengoptimalkan atau penguatan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa se – Kalimantan Barat.

BUMDes ini dinilai sangat penting olehnya, sebab bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum dan khususnya bagi petani.

Selain memberikan pupuk dan bibit unggul, BUMDes juga akan membantu memasarkan hasil pertanian para petani di Kalimantan Barat.

“BUMDes nanti akan mendorong kualitas terbaik dari hasil tani, karena nanti akan diberikan pupuk dan bibit unggul. Selain itu, BUMDes akan membantu pemasaran dari hasil pertanian tersebut,” ucapnya.

“Secara otomatis kesejahteraan petani akan meningkat dan harga beras lokal juga akan meningkat. Karena selama ini harga beras lokal dikarenakan pihak ketiga yang selalu bermain, dengan adanya BUMDes, petani dapat mendapat harga tinggi dari penjualan beras yang dihasilkan sendiri,” paparnya.

Selain itu, Sutarmidji juga berkomitmen bahwa dirinya bersama Ria Norsan akan menerapkan inovasi dalam pembangunan infrastruktur pertanian di wilayah Kalimantan Barat.

Menurutnya, hal itu didasari karena banyak masyarakat di Kalbar yang beprofesi sebagai petani sehingga keberadaan BUMDes dapat mempermudah terpenuhinya kebutuhan masyarakat petani di pedesaan.

Mendengar solusi yang ditawarkan Sutarmidji, para petani beras Kayong Utara menyambut baik program tersebut.

Menurut salah seorang warga, Sarju (35) yang hadir pada kampanye dialogis Midji-Norsan menyatakan bahwa program paslon nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji – Ria Norsan sangatlah efektif, terlebih dalam meningkatkan harga beras dan itu merupakan solusi yang ditunggu-tunggu para petani, tak hanya di Kayong Utara bahkan se – Kalimantan Barat yang sudah sejak lama menanti.

“Selama ini harga beras rendah, bagaimana petani bisa sejahtera. Program yang ditawarkan Sutarmidji – Ria Norsan sangatlah efektif terlebih lagi mengenai peningkatan harga beras dan ini merupakan solusi yang selama ini ditunggu-tunggu oleh para petani di Kalbar, saya yakin Sutarmidji – Ria Norsan dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya yang berprofesi sebagai petani di Kayong Utara.

Program BUMDes yang ditawarkan oleh paslon nomor urut 3 (tiga) ini akan diintegrasikan dengan aplikasi telepon cerdas untuk dapat digunakan petani beras guna memantau harga pangan khususnya harga beras.

Hal tersebut tentunya akan membantu petani beras untuk mengatur siasat perdagangan beras agar kesejahteraan dapat meningkat. (MCMN)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY