Suasana acara syukuran dan pelepasan anak-anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sintang Tahun 2017 di TK Pertiwi Jalan Mujahidin Sintang (Foto: Sg/Hms)
Suasana acara syukuran dan pelepasan anak-anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sintang Tahun 2017 di TK Pertiwi Jalan Mujahidin Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph diwakili oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Kurniawan, S.Sos.,M.Si menghadiri acara syukuran dan pelepasan anak-anak Taman Kanak-Kanak Pertiwi Sintang Tahun 2017  di TK Pertiwi Jalan Mujahidin Sintang, Sabtu (20/5/2017).

Pada kesempatan ini Kurniawan menyampaikan amanat Bupati Sintang mengenai pentingnya peran pendidikan di Taman Kanak-kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Selain karena hal ini merupakan bagian dari tanggungjawab pemerintah untuk menyelenggarakan pembangunan bidang pendidikan, konsern pemerintah terhadap proses belajar mengajar di Taman Kanak-Kanak juga merupakan usaha mewujudkan visi pembangunan daerah yang telah dicanangkan. “anak-anak ini merupakan manusia yang sedang mengalami proses tumbuh kembang, dimana hal tersebut membuat mereka memerlukan perhatian khusus,” kata Kurniawan. “maka dari itu fase pendidikan di TK menjadi sangat penting, sebagai pondasi untuk meransang bakat dan kemampuan anak serta menumbuhkan rasa percaya diri mereka,” tambahnya.

Selain menyampaikan rasa terima kasih pimpinan daerah kepada para guru yang telah melaksanakan pendidikan bagi anak-anak di TK Pertiwi, Kurniawan juga menyampaikan harapan dari Bupati Sintang untuk kedepannya, TK Pertiwi dapat menjadi TK Rujukan di Sintang. “TK Pertiwi merupakan milik pemerintah daerah, sehingga saya berharap TK ini dapat menjadi rujukan atau acuan bagi TK-TK yang ada di Kabupaten Sintang,” kata Kabag Humpro tersebut.

Hal ini menurut Bupati dapat terjuwud bila pengurus, pengelola dan orang tua murid dapat bekerja sama dengan kompak, dan baik, salah satunya dalam mendampingi anak menghadapi kemajuan teknologi. “para guru TK harus mampu membentuk watak dan karakter anak didik agar tidak menjadi korban teknologi informasi, karena bila berlebihan pengaruh IT dapat melemahkan anak-anak dalam menghadapi hidup,” pungkas Kurniawan

Pada tahun ini TK Pertiwi melepas 40 orang siswa-siswinya. Hal ini disampaikan oleh Suaibah selaku Kepala Sekolah TK Pertiwi Sintang.”kali ini tema bajunya orang tua sepakat untuk mengenakan baju seperti dan toga seperti acara wisuda bagi para mahasiswa,” terangnya lagi.

Pada kesempatan ini, Suaibah juga meminta kepada pemerintah daerah untuk menghimbau kepada aparaturnya guna memaksimalkan aset pemerintah ini. “sebagai TK milik Pemda Sintang, kami sangat megnharapkan agar para staf aparatur negara di jajaran pemda Sintang untuk dapat menyekolahkan anak-anaknya di PAUD dan TK Pertiwi ini,” katanya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY