Dandim 1207/BS Pontianak, Letnan Kolonel Inf Ulises Manurung dan Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Purwanto, Saat Diwawancarai Awak Media (Foto: ian)
Dandim 1207/BS Pontianak, Letnan Kolonel Inf Ulises Manurung dan Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Purwanto, Saat Diwawancarai Awak Media (Foto: ian)

KalbarOnline, Pontianak – Menjelang pesta demokrasi serentak di tahun 2018, TNI dan Polri bersinergi menciptakan suasana aman dan tertib baik ditingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat desa.

Dandim 1207/BS Pontianak, Letnan Kolonel Inf Ulises Manurung mengatakan situasi kondusif tidak hanya tugas aparat namun juga masyarakat khususnya para tokoh masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan situasi aman.

“Terutama menyangkut kebenaran berita, baik ditingkat Desa maupun Kelurahan. Teknisnya Babinsa membantu Babinkamtibmas bersama Kades atau Lurah. Sedangkan ditingkat Kecamatan Kapolsek dibantu Danramil bersama Camat setempat. Hal ini, telah kita sosialisasikan disetiap momentum kegiatan di Desa maupun Kecamatan,” ucapnya, setelah silahturahmi bersama awak media, di aula Makodim 1207/BS Pontianak, Sabtu (31/3) sore.

Selain itu, kata Dandim dalam era digital informasi-informasi begitu mudah didapat oleh masyarakat. Namun tidak semua informasi itu benar ada juga yang hoax atau menyesatkan. Untuk berita-berita yang meresahkan masyarakat hendaknya mengklarifikasi informasi atau berita ke Babinkamtibmas maupun Babinsa dan Kades/Lurah.

Dikesempatan yang sama, Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Purwanto S.Ik menambahkan sebelumnya pihaknya telah mensosialisasikan kepada masyarakat ditingkat Kabupaten/Kota hingga Desa dan Dusun tentang bahaya hoax. Dalam sosialisasi tersebut, telah diberikan pengertian dan dampak tentang bahaya hoax.

“Apabila mereka menerima berita yang mencurigakan ataupun menjadi tanda tanya hendaknya diklarifikasi terlebih dahulu,” ucapnya.

Menurut Kapolres dengan cara men-share setiap berita hendaknya masyarakat menyaring kebenaran berita tersebut yang apabila mencurigakan ataupun meresahkan segara melakukan koordinasi dengan Babinkamtibmas maupun Babinsa dan Kades/Lurah. Selain itu, Kapolres juga mengatakan awak media berperan begitu penting untuk menciptakan situasi kondusif, untuk itu awak media merupakan salahsatu komponen dalam bangsa ini.

“Hoax terkadang bersifat booming, untuk itu segera klarifikasi kepada kita. Terlebih UU ITE telah mengatur ancaman dengan jelas tentang berita hoax tersebut. Kita juga telah membentuk Satgas untuk berita-berita hoax tersebut hanya bukan dilevel Polres namun level Polda,” tegasnya. (ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY