Ilustrasi Warung Sembako (Foto: Ist)
Ilustrasi Warung Sembako (Foto: Ist)

Abuntono: Tindak tegas spekulan

KalbarOnline, Sekadau – Seperti biasanya setiap menjelang hari raya keagamaan Harga-harga sembilan bahan pokok (sembako) pasti merangkak naik. Hal ini perlu dikontrol oleh instansi terkait, tujuannya supaya jangan ada spekulan yang bermain di saat-saat seperti ini.

“Pemerintah harus bisa memastikan bahwa barang-barang kebutuhan pokok stoknya cukup dan tidak terlalu naik harganya. Sebab, kalau terlalu naik di luar batas kewajaran maka daya beli masyarakat pasti akan menurun. Dan pemerintah harus bertindak tegas terhadap spekulan yang coba-coba bermain terhadap barang-barang kebutuhan natal,” tegas Abuntono, SP, salah seorang anggota DPRD Sekadau kepada awak media, Senin (4/12) kemarin.

Masih dikatakan Abun, kendati setiap tahun pemda menjadikan agenda rutin untuk mengecek harga dan jumlah sembako di pasar.

“Tapi harapan saya pengecekan itu hendaknya melekat. Sebab, para pemain di pasar sewaktu petugas datang dia buat laporan bagus-bagus, tetapi ketika petugas pulang kembali harga semau dia naikan. Ini yang kita tidak inginkan,” tutur Abun.

Untuk itu ia menyarankan, agar pengawasan harga sembako harus betul-betul terkontrol harga maupun barang yang sudah kadarluarsa.

“Sebab, untuk barang yang kadarluarsa warga tidak tahu, sebab bagi warga asal harganya murah pasti dibeli. Itu yang kita kwatirkan,” pesannya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY