Bupati Sintang dan rombongan Tim Penilai disambut masyarakat saat Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Desa Pagal Baru, Kecamatan Tempunak (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang dan rombongan Tim Penilai disambut masyarakat saat Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Desa Pagal Baru, Kecamatan Tempunak (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Propinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan penilaian di Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang pada Jum’at (28/04/2017). Desa yang didiami lebih dari 400 Kepala Keluarga (KK) ini mewakili Kabupaten Sintang pada ajang Lomba Desa Tingkat Propinsi Kalbar. Bupati Sintang Jarot Winarno saat mendampingi Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi mengaku optimis, Desa Pagal Baru bisa mejadi yang terbaik. “Saat memasuki wilayah Desa Pagal Baru tadi, terlihat desa ini sangat layak untuk dinilai menjadi terbaik karena tata wilayah dan tata ruang nya sangat baik,” ujar Jarot.

Kendati demikian kata Jarot menjadi pemenang dalam lomba desa bukanlah tujuan utama, yang terpenting ialah pemerintahan desa dan masyarakat harus terus bekerja dengan baik untuk mengembangkan desanya. Jarot berharap desa tidak hanya bagus pada saat mau lomba saja, tetapi bagus kesehari-harian dan seterusnya. “menang atau kalah, jangan dijadikan beban,” timpalnya. “apabila pemerintahan desa sudah memberikan pelayanan yang baik dan masyarakat mampu melibatkan diri dalam pembangunan wilayahnya, maka negara sudah hadir dalam masyarakat,” tandas Jarot.

Jarot juga berpesan supaya Desa Pagal Baru memiliki produk unggulang, “saya mendorong agar Pemerintahan Desa Pagal Baru bisa membentuk Badan Usaha Milik Desa untuk mengelola Pabrik Minyak Kelapa Sawit Mini. Buat juga embung dan desa siaga kebakaran untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Bangun juga sarana olahraga desa (sorda) sebagai ruang publik seperti lapangan voli di setiap dusun,” pinta Jarot.

Syarif Ardiman Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar menyampaikan lomba desa dilaksanakan untuk mengevaluasi dan menilai kinerja pemerintahan desa beserta masyarakatnya. “Ini kesempatan pemerintahan desa melakukan perbaikan dalam pengelolaan pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keamanan, pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat” terang Syarif Ardiman.

Syarif Ardiman  menambahkan ada 7 kabupaten yang mengikuti seleksi lomba dan terpilih 7 desa yang akan bersaing untuk menjadi desa terbaik di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017. Desa terbaik di Kalimantan Barat akan mengikuti seleksi desa terbaik untuk regional III yang meliputi Kalimantan dan Sulawesi.

“Ada dua tahun kegiatan pemerintahan desa yang kami nilai saat ini. Kami berharap masyarakat Desa Pagal Baru bisa terlibat langsung dalam membangun desa bersama dengan pemerintahan desa. Menjadikan desa menjadi pusat pertumbuhan baru dengan memperkuat gotong royong dan partisipasi masyarakat yang tinggi” pesan Syarif Ardiman.

Sementara Kepala Desa Pagal Baru Tukiman menyampaikan bahwa desanya memiliki jumlah penduduk 1.358 jiwa dengan 405 KK. “Di desa saya ada 5 dusun, 10 RW dan  20 RT. Posyandu terus melayani masyarakat sehingga angka kematian bayi terus menurun. Kami juga terus menyumbangkan dana dari hasil kebun kelapa sawit satu rupiah per kilogram tandan buah segar kelapa sawit untuk memelihara infrastruktur umum. Kami terus melibatkan masyarakat dalam mengevaluasi kebijakan dan program pembangunan di desa ini. Partisipasi masyarakat sangat tinggi dalam menentukan arah pembangunan desa. Kami juga sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra sejahtera abadi” terang Tukiman.

Usai menghadiri penilaian lomba desa, Bupati Sintang H. Jarot Winarno meletakan batu pertama pembangunan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Nafidatul Ulum Desa Pagal Baru Kecamatan Tempunak.  (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY