Ilustrasi Perkebunan Sawit (Foto: Ist)
Ilustrasi Perkebunan Sawit (Foto: Ist)

KalbarOnline, Ketapang – Peranan perusahaan perkenunan kelapa sawit di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat patut mendapat apresiasi, pasalnya keberadaan perusahaan kelapa sawit memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi, terbukanya lapangan pekerjaan baru sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit milik perusahaan PT Karya Bakti Agro Sejahtera (BGA GROUP) di Kecamatan Marau Kabupaten Ketapang terlibat aktif dalam pembangunan perkebunan kelapa sawit di daerahnya.

Sebab, perusahaan sejak awal pembukaan kebun sawit memiliki kewajiban untuk mengembangkan lahan seluas 20% dari areal lahan perkebunan milik perusahaan melalui kerjasama dengan masyarakat sekitar kebun untuk masuk kedalam skema kemitraan dengan perusahaan.

Menjadi mitra perusahaan melalui wadah koperasi Rangkung Betuah masyarakat anggota koperasi sudah merasakan hasilnya yang cukup memuaskan.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Sabariansyah kepada KalbarOnline mengakui jika besaran yang diterima setiap petani berkisar sampai dengan Rp2-3 juta per triwulannya.

“Hasil kemitraan yang 20 persen itu sudah dirasakan petaninya dan sangat memuaskan tinggal tergantung besar kecilnya area milik petani yang sudah di SK-kan oleh Bupati Ketapang,” ungkap pria yang juga menjabat skretaris tim CPL Koperasi Rangkung Betuah, Sabtu (6/5) kemarin.

Lebih lanjut Sabariansyah menambahkan, hal ini layak untuk ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain untuk bermitra dengan masyarakat melalui koperasi jika ini dilakukan dengan baik, maka masyarakat akan sejahtera, karena PT Karya Bakti Agro Sejahtera yang baru seumur jagung ini saja bisa melaksanakan pola kemitraan dengan baik bersama masyarakat.

“Inilah yang harus di contoh atau di study bandingkan oleh perusahaan-perusahaan lain di Kecamatan Marau,” pungkasnya. (Adi LC)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY