Ketua TP PKK Pontianak, Lismaryani Sutarmidji Memotong Tumpeng Pada Peringatan HKG PKK ke 45, Tampak Terlihat Wali Kota Pontianak, Sutarmidji (Foto: Jim Hms)
Ketua TP PKK Pontianak, Lismaryani Sutarmidji Memotong Tumpeng Pada Peringatan HKG PKK ke 45, Tampak Terlihat Wali Kota Pontianak, Sutarmidji (Foto: Jim Hms)

Peringatan HKG PKK ke-45

KalbarOnline, Pontianak – 45 tahun sudah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ada di Indonesia. Kehadirannya dinilai penting dalam membantu program pembangunan daerah. Tidak hanya soal kesejahteraan keluarga, tapi juga kesehatan dan pendidikan serta perilaku yang saling menghargai dan tolong-menolong.

Semua itu terangkum dalam 10 program pokok PKK yang dibagi dalam empat Pokja. Melakukan pembinaan sama ke dasa wisma, lingkup paling dasar kehidupan bermasyarakat. Ada sejak tahun 1972, nyatanya PKK bukan sekadar kumpul anjangsana.

Apalagi di Pontianak, beragam prestasi telah diraih. Yang paling dekat, PKK Kelurahan Pal V nantinya akan mewakili Kalbar dalam penilaian Posko Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan ke tingkat nasional.

Sebelumnya kelurahan lain juga pernah ikut bersaing bahkan menjadi juara. Misalnya saja Pelaksana Terbaik Pencegahan KDRT tahun 2010 di Kelurahan Siantan Hilir, Pelaksana Terbaik Rumah Tangga Ber-PHBS tahun 2012 oleh Kelurahan Parit Tokaya, Pelaksana Terbaik Pemanfaatan Hasil TOGA tahun 2013 dan Pelaksana Terbaik Posyandu tahun 2014 di Kelurahan Darat Sekip, Pelaksana Terbaik Lingkungan Bersih Sehat tahun 2015 di Kelurahan Sungai Jawi Dalam, dan Pelaksana Terbaik Tertib Administrasi PKK tahun 2016 di Kelurahan Banjar Serasan.

Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji berharap di Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 kali ini setiap kelompok PKK makin berinovasi.

“Semoga semakin produktif dan menjadi semakin baik,” ujarnya usai Peringatan HKG PKK 45 di Aula Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, Selasa (11/4/2017).

Selama ini di semua kelurahan di Pontianak, sudah terbentuk kader PKK. Tak hanya menjalankan program dari pemerintah, Lismaryani juga berharap tataran kelurahan bisa merumuskan program yang berkembang. Tidak terbelenggu dengan program rutinitas.

“Kita berharap PKK Pontianak bisa lebih baik lagi dan bisa mendapatkan penghargaan lagi dari pusat, serta PKK semakin jaya,” harapnya.

Selain persiapan PKK Kelurahan Pal V, PKK Pontianak juga tengah berbenah mengikuti HKG PKK di Kayong Utara bulan Mei mendatang. Tahun lalu di agenda sama yang digelar di Sanggau, Pontianak berhasil jadi juara umum.

Aktifnya PKK juga dirasakan Wakil Ketua DPRD Pontianak, Firdaus Zarin. Tiap kelurahan menghimpun kegiatan sosial masyarakat lewat kader PKK. Sebagian besar anggota PKK katanya memang istri PNS, namun ada juga yang bukan dari kalangan itu.

“Kalau dulu image PKK ini hanya sekadar berkumpul dan sekedar arisan tapi kini kita lihat tidak lagi. Terlihat dari kegiatan realistis yang membangun masyarakat dan mendukung tugas suaminya,” ucapnya.

Selain itu, dia mengatakan kader PKK juga rutin menggali potensi daerah. Mulai dari lomba kuliner, tarian hingga budaya lainnya.

“Seringnya PKK mendapatkan penghargaan membuktikan PKK Pontianak sangat aktif dan konsen untuk terus berinovasi,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY