Ilustrasi Kampung KB (Foto: Ist)
Ilustrasi Kampung KB (Foto: Ist)

Sekretaris BKKBN Kalbar Harap Semua Lintas Sektor Bersinergi Berdayakan Masyarakat Kampung KB

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak enam Kampung KB direncanakan dibentuk di Ibu Kota Kalimantan Barat, Kota Pontianak.

Sekretaris BKKBN Perwakilan Kalbar, Muslimat mengatakan bahwa saat ini setidaknya sudah ada empat kecamatan yang dicanangkan Kampung KB.

“Setiap kecamatan harus ada kampung KB, jadi tinggal dua kecamatan lagi yang akan dicanangkan  sebagai kampung KB di Kota Pontianak,” ujar Muslimat.

Ia berharap di tahun 2017 ini semuanya kecamatan di Pontianak terbentuk Kampung KB.

Saat ini empat kecamatan yang sudah terbentuk, Pontianak Timur, Pontianak Utara, Pontianak Selatan dan Pontianak Tenggara.

Secara keseluruhan Kampung KB di Kalbar sudah berjumlah sebanyak 81, dan ditargetkan tahun 2017 ini semua kecamatan di Kalbar yang berjumlah 174 akan terbentuk Kampung KB.

“Direncanakan nanti, setiap kecamatan terbentuk satu kampung KB. Jadi di Kalbar ada 174 kecamatan maka target kita di 2017 ini 174 kampung KB,” tukasnya seperti dilansir dari Pontianak.tribunnews.com.

Dirinya juga menjelaskan Keluarga Berencana setelah Orde Baru hampir tidak pernah kedengaran lagi dan berharap dengan program Jokowi mencanangkan kampung KB ini daerah yang telah dibentuk terutama program KB mengenai masalah kependudukan dan pembangunan keluarga yang masih ketinggalan bisa diangkat.

“Pembangunan Kampung KB ini kita harapkan bisa mengangkat pembangunan dimasyarakatnya, baik pendidikan, kesehatan, pertanian dan kegiatan lainnya termasuk perekonomian. Hal ini untuk membangun keluarga sejahtera, supaya sejajar dengan desa dan kelurahan yang sudah maju,” tuturnya.

Dirinya juga menceritakan mengenai Kampung KB yang sudah berhasil seperti di Kapuas Hulu, yang semulanya sangat jauh tertinggal mulai dari infrastruktur sampai kebetuhan masyarakat lainnya.

Ia bersyukur sejak dibentuk Kampung KB, mulai dari infrastruktur dan lainnya sudah maju. Bahkan jalan yang terputus di beberapa desa saat ini sudah terhubung. Dengan adanya keberhasilan itu, Wakil Bupati Kapuas Hulu disebutnya sampai menjadi pembicara nasional mewakili Kalbar.

“Yang utama diharapkan di Kampung KB adalah pelayanan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta ketahanan keluarga, kita berharap semua dari lintas sektor baik itu PU, Pendidikan, Dinas Kesehatan dan sebagainya supaya bersinergi dalam memberdayakan masyarakat di Kampung KB. Semua instansi harus mengambil peran untuk intervensi,” tandasnya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY