Banjir Melanda Sejumlah Desa di Sekadau (Foto: Mus)
Banjir Melanda Sejumlah Desa di Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Kondisi ketinggian air sungai kini mulai naik, salah satunya terlihat di Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir. Masyarakat, terutama yang berada di pesisir sungai harus waspada dan berhati-hati. Bukan tidak mungkin ketinggian air naik, bila hujan terus mengguyur.

Camat Sekadau Hilir, Safi’i Yanto mengimbau masyarakat yang tinggal di pesisir sungai untuk waspada. Terutama waspada terhadap listrik dan anak-anak yang tidak bisa berenang dan lain sebagainya.

“Kami dari Kecamatan sudah mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi hal-hal akibat cuaca yang tidak menentu ini,” ujarnya, belum lama ini.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sudah mengingatkan kepada desa-desa agar memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, terutama mengantisipasi perubahan musim yang dihadapi saat ini. Tentunya, lanjut Safi’i, Kepala Desa harus proaktif untuk melaporkan, bila terjadi banjir dan lain sebagainya diwilayahnya.

“Forkopimka Sekadau Hilir terus memonitor dan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sekadau. Kami siap turun untuk mengecek secara langsung informasi yang disampaikan, termasuk bila terjadi banjir,” ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan wilayah-wilayah yang dinilai rawan banjir di Kecamatan Sekadau Hilir yaitu daerah berada di pesisir sungai. Ia merinci wilayah-wilayah tersebut diantaranya Desa Tanjung, Merapi, Seraras dan Seberang Kapuas.

“Wilayah-wilayah itu selalu menjadi daerah langganan banjir,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus juga mengimbau masyarakat mengantisipasi terjadinya banjir, longsor dan sebagainya. Terlebih lagi, belum lama ini banjir terjadi diberbagai tempat, salah satunya di Sekadau yaitu di Merbang, Kecamatan Belitang Hilir.

“Hati-hati, terutama yang berada di pesisir sungai, orang tua harus terus mengawasi anak-anaknya. Karena saat ini musim tidak bersahabat,” imbaunya.

Terlebih, bila banjir menggenangi permukiman warga. Untuk itu, ia meminta masyarakat untuk selalu waspada mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

“Pastikan masyarakat ditangani dengan baik, apalagi bila terjadi banjir. Penanganan harus dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan,” pesannya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY