Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Karya Sekadau (Foto: Mus)
Pengumuman Kelulusan dan Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Karya Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Kepala SMA Karya Sekadau, Sumardi menuturkan, jika dibandingkan tahun lalu, hasil kelulusan mengalami peningkatan. Hal itu, kata dia, tak terlepas dengan persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

“Persiapan sekolah sudah matang, sarana dan prasarana disiapkan. Memang kalau untuk komputer belum sepenuh matang,” ujarnya, ditemui usai pengumuman kelulusan siswa.

Tahun ini merupakan tahun kedua bagi SMA Karya Sekadau menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). UNBK dinilai memiliki integritas yang tinggi dalam pelaksanaannya.

“Karena siswa yang mengerjakan sendiri, menentukan jawabannya hingga mengirim hasil pekerjaannya. Integritas itu sepenuhnya pada siswa,” ucapnya.

Perolehan nilai tertinggi di SMA Karya Sekadau untuk jurusan IPA yaitu 265,5. Sedangkan, untuk jurusan IPS dengan nilai 265,0.

“Pesan kami kepada anak-anak yang baru lulus, rayakan kelulusan dengan baik, tidak melanggar aturan. Lanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, demi masa depan karena ada banyak pilihan. Silahkan pilih sesuai minat dan bakat,” pesannya.

“Kami berharap orang tua tidak puas dengan apa yang dicapai anaknya saat ini. Tolong dukung anak yang ingin melanjutkan pendidikannya,” harapnya.

Selain itu, Sumardi juga berharap adanya perhatian dari pemangku kepentingan khususnya didunia pendidikan. Apalagi, kata dia, pelaksanaan UNBK sangat baik terutama dalam memetakan kualitas pendidikan.

“Untuk pelaksanaan UNBK ini awalnya menggelontorkan dana yang tidak sedikit. Kami harapkan adanya perhatian dari pemerintah untuk membantu dalam pelaksanaan yang ada,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sekadau, Petrus Kanisus mengatakan, pendidikan merupakan wadah yang menyangkut semua unsur lapisan masyarakat. Menurutnya, pendidikan tidak hanya diselenggarakan oleh lembaga sekolah saja, melainkan juga masyarakat.

“Untuk SMA Karya Sekadau ini lulusan angkatan yang ke-35, terhitung dari 1 Juni 1983,” ungkapnya.

Ia berharap, para siswa yang baru saja merayakan kelulusan dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal itu tentunya menjadi bekal untuk mada depan mereka kelak.

“Dalam merayakan kelulusan jangan berlebihan. Rayakan dengan baik dan persiapkan diri untuk jenjang selanjutnya,” pungkasnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY