KalbarOnline, Sambas – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sambas berhasil menjaring puluhan pengendara di hari pertama Operasi Zebra Kapuas 2017, di Jalan Raya Kartiasa, Rabu (1/11) lalu.

Kasat Lantas Polres Sambas, AKP Aditya Octorio Putra mengungkapkan bahwa dalam Operasi Zebra Kapuas 2017 ini, pihaknya juga melibatkan petugas dari Dispenda Kabupaten Sambas (UPPD Samsat).

“Kegiatan razia kami laksanakan di Jalan Raya Kartiasa, tepatnya di depan Pasar Tradisional. Razia gabungan dengan Dispenda Kabupaten Sambas ini merupakan gabungan giat instansi Polri dan Dispenda,” tuturnya.

Dengan komposisi Satlantas Polres Sambas melaksanakan Operasi Zebra Kapuas 2017, dan Dispenda melaksanakan penertiban pajak.

“Yang mana keduanya sama-sama penting untuk dilaksanakan. Dalam giat tersebut, diberikan tilang kepada 30 pengendara, teguran diberikan kepada 7 pengendara. Rata-rata pelanggaran didominasi kendaraan roda dua, dengan tidak menggunakan helm dan kelengkapan layak jalan, seperti spion,” ungkapnya.

Menurutnya hal tersebut merupakan hal-hal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

“Dalam Operasi Zebra Kapuas 2017 ini, kami berharap kesadaran masyakat akan pentingnya keselamatan dalam berkendara meningkat,” harapnya.

Ia juga menegaskan, pihaknya tidak akan bosan untuk menindak, serta memberikan edukasi bahwa kejadian kecelakaan lalu lintas, diawali oleh pelanggaran, yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

“Seperti tidak pakai helm, apabila pengendara jatuh maka seketika itu bisa merenggut nyawanya, karena dari segi keamanan berkendara mereka lalai,” imbuhnya.

Sehingga dalam Operasi Zebra Kapuas 2017 ini, pelanggaran kasat mata pengendara roda dua dan roda empat, menjadi target utama operasi ini.

“Dari Operasi Zebra Kapuas 2017 ini, kami akan menekan semaksimal mungkin pelanggaran yang berakibat laka lantas demi keselamatan masyarakat Kabupaten Sambas,” tandasnya. (Mur)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY