Bupati Kubu Raya, Rusman Ali FOto Bersama Usai Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya (Foto: Ian/Hms)
Bupati Kubu Raya, Rusman Ali FOto Bersama Usai Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya (Foto: Ian/Hms)

KalbarOnline, Kubu Raya – Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyampaikan rasa hormat dan apresiasinya atas partisipasi dan kerjakeras dari para penggiat pendidikan di seluruh Kubu Raya.

“Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan apresiasi atas peran aktifnya bapak dan ibu dan saudara-saudari sekalian dalam mencerdaskan anak-anak kita saudara sebangsa,” ujar Rusman Ali.

Dikatakan Rusman Ali, tenaga pendidik di seluruh jenjang, yang tak kenal lelah menyalurkan inspirasi, membuka jalan pencerahan, dan membangkitkan asa setiap insan yang didiknya agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memberikan faedah bagi sekitarnya. Rusman Ali mengatakan, Hari Pendidikan Nasional merupakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia.

“Kedepan rumah besar Kabupaten Kubu Raya ini akan menjadi daerah yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya. Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan daerah. Segala capaian yang diraih oleh masing-masing individu maupun sebagai daerah pada umumnya tak lepas dari kaitan dengan pendidikan,” terangnya, Selasa (2/5).

Menurutnya mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap masyarakat Kubu Raya mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan daerah dan bangsa.

“Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup, cara kita bekerja dan tentu saja, cara kita belajar.  Dan yang harus kita pastikan kepada anak-anak kita adalah bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya,” tukas Rusman Ali.

Dalam penjelasannya salah satu hal yang harus diberikan kepada anak-anak adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di zaman sekarang ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

“Zaman ini menuntut anak-anak kita harus mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur. Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan berkolaborasi atau bersosialisasi,” jelas Rusman Ali.

Selain itu dirinya berpesan kepada semua yang telah merasakan manfaat pendidikan dan di bulan pendidikan ini, sapalah para pendidik kita dulu. Tanyakan kabarnya, ucapkan terima kasih dan tunjukkan apreasiasi pada mereka, para pendidik dan pejuang pendidikan. Lalu mari sama-sama kita tetapkan bahwa ikhtiar memajukan pendidikan akan kita lanjutkan dan kembangkan.

“Ikhtiar dan doa tidak bisa kita pisahkan untuk memajukan pendidikan berkarakter dalam rangka meningkatkan pendidikan untuk kecerdasan anak bangsa yang bermoral mulia,” tutupnya. (Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY