Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Berjabat Tangan Dengan Ustadz Bahtiar Nasir, Usai Acara Tabligh Akbar di Masjid Al Ittihad, Kecamatan Meliau (Foto: Leo/Hms)
Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Berjabat Tangan Dengan Ustadz Bahtiar Nasir, Usai Acara Tabligh Akbar di Masjid Al Ittihad, Kecamatan Meliau (Foto: Leo/Hms)

KalbarOnline, Sanggau – Ribuan jamaah menghadiri tabligh akbar yang diselenggarakan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Sanggau yang dipusatkan di Masjid Al Ittihad, Kecamatan Meliau, Minggu (8/10) pekan lalu.

Turut dihadiri Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, anggota DPR RI H Sukiman, Kakan Kemenag Kabupaten Sanggau, H.M Taufik, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Darsono, Camat Meliau, Raden Asmadi beserta unsur Muspika Meliau beserta undangan lainnya.

Ketua Panitia penyelenggara yang juga Ketua BKMT Meliau, Supiani mengatakan bahwa Tabligh Akbar tersebut serangkaian dengan peringatan Tahun baru Islam 1439 H dengan menghadirkan Ustadz Bactiar Nasir dari Jakarta.

Jamaah yang hadir di kegiatan ini adalah BKMT dari 15 kecamatan di Sanggau serta seluruh kaum muslimin dan muslimat yang ada di Kota Meliau dan sekitarnya.

Ketua BKMT Sanggau, Hj Fitriati menambahkan, kegiatan ini bertemakan “Dengan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H kita Perkokoh Toleransi Berlandaskan Aqidah Islam menuju Masyarakat Madani”.

“Ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh BKMT pada setiap hari besar Islam dan tempat penyelenggaraannya selalu bergantian pada setiap Kecamatan. ini dimaksudkan untuk selalu menjalin tali silaturahmi dan senantiasa memupuk kebersamaan antara anggota BKMT,” ujarnya.

Selain itu juga sebagai refresing bahwa dengan bergantian tempat peserta akan tau bagaimana kondisi situasi dan kemajuan berbagai Kecamatan yang ada di Sanggau.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau H.M Taufiq dalam sambutannya mengatakan, bahwa peringatan tahun baru Hijriah merupakan peringatan bagaimana Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam berpindah dari suatu tempat yang kurang nyaman ke tempat yang nyaman.

“Ini artinya bagaimana kita berusaha untuk berubah untuk lebih baik dari sebelumnya. Inilah yang dilakukan BKMT bagaimana mempersatukan umat pencerahan pemikiran dan yang terpenting adalah tetap menjaga tali silaturahmi dan toleransi baik sesama umat Islam maupun kepada umat umat beragama lainnya,” tukasnya.

Sementara Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada BKMT yang telah menyelenggarakan Tabligh Akbar tersebut.

“Ini merupakan perwujudan dari Visi Misi Pemkab Sanggau yaitu masyarakat yang berbudaya dan beriman. Tentunya dengan kegiatan seperti ini akan menambah ketaqwaan dan keimanan apalagi dengan menampilkan Ustadz Bachtiar Nasir dari Jakarta akan menambah sentuhan rohani bagaimana kita tetap menjada kerukunan dan keharmonisan umat di Kabupaten Sanggau ini,” tukasnya.

Wabup juga mengatakan bahwa Sanggau sudah sangat baik kerukunan umat beragama dan tetap terjaga dan tidak ada gesekan yang serius. Untuk itu hal yang baik ini tetap terjaga selamanya.

“Percepatan pembangunan harus diringi dengan terjaganya ketertiban dan keamanan ditengah masyarakat,” jelasnya.

Kepada para hadirin terutama BKMT yang hadir ini diharapkan menjadi corong bagi warga diwilayahnya masing-masing, bagaimana menjadi panutan dan memberikan pencerahan dengan dakwah yang menyejukkan dengan senantiasa meningkatkan keimanan kepada tuhan yang maha Esa.

Ustadz Bachtiar Nasir dalam Tausyiah pada intinya menekankan bagaimana umat Islam memegang teguh kepada Aqidah Islam dan tentunya tetap menjalankan perintah agama dengan ketentuan yang telah diatur dengan norma-norma Islam.

“Tidak memaksa atau mencampuri kepercayaan dirinya kepada kepercayaan orang lain sebagaimana telah diterangkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al Qur’an bahwa bagi agamaku adalah agamaku dan agamamu adalah agamamu. Dan yang paling utama adalah tetap menjaga toleransi baik antar sesama umat islam maupun umat beragama lainnya,” pungkasnya. (Leo/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY