Sekda Sintang, Yosepha Hasnah, Foto Bersama Usai Acara Peringatan Hari Kartini ke-139 (Foto: Sg/Hms)
Sekda Sintang, Yosepha Hasnah, Foto Bersama Usai Acara Peringatan Hari Kartini ke-139 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si menghadiri acara puncak peringatan Hari Kartini ke – 139 di Pendopo kompleks Rumah Dinas Bupati Sintang, Sabtu (21/4).

“Semoga dengan mengenang Kartini kita dapat terus termotivasi untuk meneguhkan kiprah kaum wanita di tengah masyarakat dan proses pembangunan nasional kita,” kata Yosepha, mengawali sambutannya.

“Para wanita harus terus menyalakan api kesadaran dan perjuangan untuk mengurangi dan menghentikan segala bentuk diskriminasi, eksploitasi, kekerasan dan pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kita,” sambungnya.

Dalam sambutannya, Yosepha juga mengajak para Kartini Sintang, untuk sungguh-sungguh membangun kesadaran bahwa kesetaraan gender, kesejahteraan dan pemberdayaan kaum wanita haruslah diperjuangkan oleh kaum wanita itu sendiri. Hal ini jauh lebih terhormat dan bermartabat dibandingkan jika menunggu belas kasihan pihak lain.

“Kita juga butuh jaringan yang kuat agar bisa berdampak besar. Galang kerjasama, dan ikutlah serta pada politik praktis agar kita dapat mempengaruhi kebijakan publik yang berpihak bagi kaum wanita,” tambahnya.

Salah satu pimpinan wanita di Sintang itu, mengucapkan selamat hari Kartini kepada seluruh peserta. Yosepha juga menyampaikan apresiasinya kepada GOW Sintang dalam berbagai insiasinya untuk memajukan perempuan-perempuan di Kabupaten Sintang.

Warna-warni kebaya dan jarik melenggok gemulai di Pendopo pagi itu. Para perempuan dari berbagai organisasi perempuan di Kabupaten Sintang. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Gabung Organisasi Wanita (GOW)Kabupaten Sintang. Panitia mengusung tema, ‘Maju terus perempuan Indonesia, wujudkan cita-cita Kartini’.

Hj Nursyamsiah, selaku Ketua Panitia rangkaian kegiatan peringatan hari Kartini ke – 139 GOW Kabupaten Sintang menyampaikan kenangan akan Raden Ajeng Kartini mengingatkan para wanita Indonesia tentang perjuangan untuk mendapatkan hak fasilitas pendidikan dan mengemukakan pendapat.

Pihaknya, pada tahun 2018 ini mengadakan beberapa rangkaian kegiatan bersama seluruh organisasi wanita yang ada di Kabupaten Sintang.

“Kita mengadakan seminar ASI Ekslusif, lomba fashion show khusus untuk para anggota yang big, dan lomba minuman herbal yang segar, serta mengadakan acara puncak peringatan pada hari ini,” kata Nur.

“Kita berharap kaum wanita kita dapat menjalankan perannya sebagai ibu, yang memberikan ASI ekslusif pada 1000 hari pertama kehidupan,” tambahnya.

Menurut wanita yang pada hari ini mengenakan kerudung hijau itu, rangkaian kegiatan ini juga untuk mendorong para wanita untuk selalu bersyukur atas nikmat sehat dan dapat semakin cerdas.

Dengan demikian, para wanita tangguh ini dapat memeberikan manfaat bagi keluarga dna lingkungannya.

“Hendaknya kita semua bersemangat untuk maju terus mewujudkan cita-cita Kartini,” tutup Nur.

Pimpinan GOW Sintang, Hj Sriwani pada kesempatan ini tidak dapat menghadiri acara dikarenakan tugas di luar kota sehingga sambutannya diberikan oleh Hj Margawati.

“Peringatan hari Kartini bukan hanya sebagai ajang renufikasi dengan berbagai seremoni yang meriah, yang paling penting kita harus memahami kisah hidupnya, gerakan perjuangannya, semangat perjuangan dan pemikirannya tentang, feodalisme, poligami, dan pendidikan. Kita harus melakukan kegiatan nyata diberbagai bidang,” tegas Hj Margawati.

Menurut wanita paruh baya ini, di era modern, di era globalisasi kiprah perempuan sudah tidak lagi perlu diragukan, hampir disemua sektor ada sosok perempuan yang mewakili kaumnya. Namun hal tersebut tidaklah boleh membuat perempuan lupa akan kodratnya.

“Setinggi apapun kita sekolah, kita tetap seorang ibu, seorang pendamping bagi suami, sebagai pelindung, pendidik bagi anak-anak kita,” pesan Margawati.

“Kita memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kualitas penerus bangsa. Marilah kita warisi perjuangan Kartini dengan meningkatkan diri disegala bidang, untuk kemaslahatan umat, baik yang dilaksanakan secara mandiri maupun melalui organisasi,” pungkasnya

Kegiatan ini juga mengadakan lomba fashion show ‘Big is Beautiful’ dan lomba kreasi minuman herbal yang menyegarkan. Lomba ini diikuti oleh perwakilan 25 organisasi yang terhimpun dalam GOW.

Berbagai racikan minuman berbahan dasar rempah di sajikan dengan menarik oleh para peserta. Mulai dari berbahan dasar jahe hingga teh dari bawang dayak. Begitu pula kemeriahan terlihat pada lomba fashion show, ukuran tubuh yang cukup besar tidak mengurangi lenggak lenggok para wanita itu di atas pentas. Dengan berbagai kreasi busana dan tampilan make-up yang elok mereka memberikan inspirasi berbusana yang elegan dan menarik.

Pada kesempatan ini, Wakil DPRD Sintang, Terry Ibrahim menyampaikan ucapan terima kasih kepada GOW, bisa bersama-sama untuk mengemas rangkaian kegiatan yang sangat bermanfaan dan menyenangkan bagi para ibu-ibu di Kabupaten Sintang pada peringatan Hari Kartini ke-139.

“Saya pribadi dan selaku wakil rakyat merasa sangat bangga, karna ibu-ibu Sintang ini bisa membuat dirinya mandiri dalam berkreasi sesuai dengan panggilannya sebagai ibu rumah tangga dan wanita karier. Kita liat mereka berani tampil di pentas, berkreasi dengan bahan di sekitar rumah,” katanya sambil menunjuk meja saji lomba minuman herbal.

Politisi partai Nasdem itu juga menghimbau agar kedepannya para wanita ini dapat bersama pemerintah dan organisasi lain untuk bergandeng tangan dalam mendidik anak-anak ke arah yang lebih positif.

“Melalui kegiatan ini, kita juga dapat jadkan sebagai alat untuk kita mewariskan nilai-nilai luhur yang kita peroleh dari orang tua dan nenek moyang kita dalam hal ini khususnya Ibu kartini kepada para generasi penerus,” pungkas Terry.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Ketua Pengadilan Negeri Sintang, Kabag Ren Polres Sintang, Pasi Pers Korem 121/Abw, dan Kasdim 1205 Sintang. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY