Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri pelantikan Pengurus Komisariat Pemuda Katolik Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri pelantikan Pengurus Komisariat Pemuda Katolik Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri pelantikan Pengurus Komisariat Pemuda Katolik Kabupaten Sintang  periode 2016-2019 di Gedung Pancasila Kabupaten Sintang, Minggu (27/11/2016).

Bupati Jarot  mengingatkan kembali kepada para Pemuda  Katolik mengenai peran mereka di Sintang. “Sebagai pemuda yang jumlahnya cukup banyak di Sintang ini, saya berharap para pemuda Katolik ikut serta membangun Sintang dari penggiran,” kata dr. Jarot.

Orang nomor satu di Sintang tersebut mengingatkan kembali mengenai prime mover yang di kumandangkan oleh pemerintah Sintang. “Kita akan membangun Sintang dari pinggiran, dari kampung-kampung. Kita akan melakukan penataan dan pemekaran wilayah, mengadakan aksesibilitas terhadap sumber daya listrik, dan mengupayakan hilirisasi produk yang kesemuanya itu di topang dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,” ungkap dr. Jarot

Acara ini mengambil tema ‘bertolaklah ke tempat yang dalam dan tebarkan jalamu’. Motto yang ingin dikumandangkan oleh panitia dan pengurus Komisariat Pemuda Katolik Kabupaten Sintang yang baru, Pro Ecclesia, et patria yang artinay berkarya untuk gereja dan negara.

“Para pemuda sekalian, berkaryalah untuk gereja juga untuk bangsa dan negara dengan sebaik mungkin,” kata Bupati. “Didalam kepemudaannya, hendaknya para orang muda ini dapat menjadi pribadi yang bermoral, menjadi kontrol sosial dan penjaga lingkungan di daerah ini, “ tutup Jarot.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan berita acara pelantikan dan serahterima jabatan komisariat cabang pemuda katolik kabupaten Sintang periode 2016-2019. Ketua terpilih, Laurensius Anong menyampaikan bahwa organisasi ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk daerah di luar ruang-ruang di lingkup gereja. “Kami akan beruha menjadi oraganisasi yang inklusif seperti yang Bapak Bupati arahkan,” kata Anong.

Pada kesempatan ini, Penasihat Awam Pemuda Katolik, Lasarus S.Sos. ,Msi mengungkapkan pemuda hendaknya mengambil peran lebih aktif  di tengah masyarakat. “Kita bersama pemerintah, bergiat untuk membangun daerah kita ini,” ujar Lasarus.

“kita da di dalam gereja juga di dalam lingkungan masyarakat, jadi keluarlah dari bilik-bilik kita, buat program-program kerja nayata di tengah masyarakat,” tegas wakil ketua komisi V DPR RI tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Melawi, Panji, Ketua DPRD Sintang, Jefray Edward, Ketua Komisarita Pemuda Kaotlik Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes RJ, S.Pd,.MM dan perwakilan dari berbagai oraganisasi kepemudaan lainnya yang ada di Sintang. Tampak mewakili hirarki gereja Katolik Keuskupan Sintang, Pst. Lukas Dirman, SMM. Ada pula sejumlah pejabat Forkopimda Sintang, dan sejumlah SKPD Kabupaten Sintang serta para undangan. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY