Penyalaan Lilin Natal oleh unsur Forkompinda dalam Natal Bersama Bamag dan PGI Sekadau (Foto: Mus)
Penyalaan Lilin Natal oleh unsur Forkompinda dalam Natal Bersama Bamag dan PGI Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – Badan Musyawarah Gereja Nasional (Bamagnas) dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Kabupaten Sekadau, menggelar Natal Bersama, Selasa (5/12) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah perwakilan Forkompinda dan Kepala Kantor Kementrian Agama Sekadau.

Didalam kegiatan yang bertemakan “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu”, Pendeta Obernelius, Ketua Bamagnas Sekadau yang menyampaikan pemberitaan iman, menegaskan bahwa, damai sejahtera didalam hati merupakan kebutuhan umat dan hal tersebut tidak bisa dibeli dengan uang.

“Kebutuhan umat dan bangsa Indonesia adalah damai sejahtera, damai antara satu dengan lain sehingga aman dan tenang serta terkendali,” ujarnya.

Ia mengajak umat Kristiani harus menjadi agen – agen dan duta perdamaian di dunia. Karena menurut Ober, tanpa damai sejahtera negara dan dunia tidak ada kedamaian.

Pendeta Martin Jasmin, Ketua PGI Sekadau, dalam sambutanya menerangkan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan (Natal Bersama,red) adalah implementasi dari damai kristus dimana organisasi – organisasi Kristen di Sekadau kompak dan tidak ada ego lembaga.

“ini untuk menunjukan damai itu dihati,” kata Jasmin.

Sementara, Kemenag Sekadau, Dorohman, S.Ag., M.Si dalam sambutannya menyatakan bahwa hendaknya peringatan Natal dimaknai bersama dalam rangka menjaga kerukunan antar umat beragama, seagama dan pemerintah dengan umat beragama.

“Bamag dan PGI merupakan wadah untuk mempersatukan umat kristiani didalam perbedaan organisasi didalam Kristen,” kata Dorohman.

Dalam momentum Natal ini, selaku Kemenag, ia mengajak umat beragama untuk menjaga kerukunan beragama.

Ditengah  – tengah kemajemukan, suku, budaya, Dorohman juga berharap adanya peningkatan toleransi dan kerukunan umat beragama dan berbudaya.

Sementara, Bupati Sekadau yang diwakili staf ahli, Drs Agustinus Agus, mengapresiasi dan mendukung kegiatan Natal bersama tersebut.

“Maka akan terbina kedalaman serta toleransi beragama dalam kegiatan saling berkomunikasi dan bersilaturahmi,” ungkap Agus.

Ia menegaskan bahwa toleransi antar umat beragama sangat diharapkan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

“Pemerintah daerah berharap umat beragama dapat melaksanakan Natal degan sebaik – baiknya tanpa adanya hambatan,” harapnya. (Mus)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY