Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada HUT Desa Solam Raya ke-35 (Foto: Sg)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya Pada HUT Desa Solam Raya ke-35 (Foto: Sg)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang menghadiri kegiatan perayaan dan syukuran HUT Desa Solam Raya ke-35 tahun, yang dilangsungkan di lapangan Sepakbola Desa Solam Raya, Kecamatan Sungai Tebelian, Senin, (2/10).

Syukuran peringatan HUT Desa Solam Raya tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Sintang bersama Ketua DPRD Kabupaten Sintang.

Sebelum melakukan pemotongan tumpeng, Bupati Sintang dalam arahannya merasa bangga dapat hadir di Desa Solam Raya, sebab 35 tahun silam Desa Solam Raya ini dulunya adalah hutan lebat.

“Patut kita bangga, pada 1982 silam, Desa Solam Raya ini merupakan wilayah transmigrasi yang baru dibuka, dulu ini desa memiliki hutan yang lebat, tapi pada hari ini kita bisa melihat lapangan bola yang luas, masjid yang besar, bahkan gerejanya pun ada baru mulai dibangun, ini bukti nyata bahwa masyarakatnya mulai maju,” kata Bupati.

“Dengan perkembangan dan pertumbuhan desa yang sudah berusia 35 tahun ini, kita saling bekerja keras, bahkan bukan warga setempat saja yang membuat desa ini semakin maju, kita semuanyalah yang bahu-membahu untuk memajukan Desa Solam Raya ini,” tambah Bupati.

Menurutnya, mengurus desa dan mengembangkan desa tidaklah mudah, dengan demikian pesan Presiden Republik Indonesia membuat program pembangunan yang namanya nawacita, salah satu pointnya adalah membangun dari pinggiran.

“Kabupaten Sintang ini kalau ingin menjadi sebuah wilayah yang besar pertumbuhannya maka harus ada lilin pembangunan yang menyala di Desa kita, salah satunya ialah kita komitmen membangun dari desa kita masing-masing, membangun dari daerah pinggiran, bukan membangun dari tengah kota lalu ke desa-desa,” tuturnya.

Bupati mengingatkan kepada seluruh aparat Desa yang hadir pada perayaan dan syukuran hari jadi Desa Solam Raya untuk dapat menjaga dan mengelola dana desa dengan baik.

“Saya ingatkan dengan diberikan amanah dana desa yang besar, kita harus bisa mempertanggungjawabkannya dengan baik, karena ini merupakan amanah yang berat harus kita hadapi, kita ingatkan masyarakat di Desa Solam Raya dapat bekerja sama dengan pihak aparat Desa dan BPD,” pesan Bupati.

“Saya minta para Kepala Desa yang masuk di wilayah Kecamatan Sungai Tebelian untuk terbuka mengenai APBDes, saya minta buatkan baliho besar-besar didepan kantor desa biar masyarakat tahu akan anggaran desa, kemudian antara aparat desa dengan kepala desa dan BPD harus ada kekompakan jangan saling menyalahkan antara satu dengan yang lainnya, dan juga masyarakat harus mendukung program pembangunan yang Pemerintah canangkan agar desa-desa kita ini semakin maju,” pintanya.

Terpisah, Kepala Desa Solam Raya, Yanto mengatakan bahwa saat ini Desa Solam Raya sudah memasuki usia 35 tahun.

“Usia 35 tahun ini merupakan salah satu Desa yang sudah ada sejak tahun 1982 silam, meski sudah banyak sekali perubahan, akan tetapi perlu adanya peningkatan dari segi infrastruktur yang memadai,” kata Yanto.

Yanto menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan syukuran ini juga selain untuk memperingati hari ulang tahun Desa Solam Raya, sekaligus juga saling bersilaturahmi, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Sintang khususnya Bapak Bupati Sintang saat ini kita sudah berkumpul bersama-sama.

“Saya ucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati Sintang di Desa kami ini, mudah-mudahan program pembangunan dapat kita kerjakan bersama-sama untuk memajukan Desa Solam Raya yang lebih baik lagi,” tandasnya. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY