Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Menyampaikan Sambutannya Pada Bimtek LP3PKK (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Menyampaikan Sambutannya Pada Bimtek LP3PKK (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM menghadiri kegiatan bimbingan teknis Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan (LP3) Penyelenggaraan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Balai Pegodai Komplek rumah jawatan Wakil Bupati Sintang, Kamis (24/8).

“Penerapan program PKK tidak hanya tim penggerak PKK, harus ada dukungan dari segala pihak, OPD terkait, perangkat kecamatan dan desa juga haruslah menjadi motor untuk mendukung pergerakan PKK dan programnya,” ujar Wabup.

“Pada kesempatan ini cukup banyak ibu-ibu yang baru menjadi Ketua TP PKK, saya saran ibu-ibu semua menggunakan kegiatan Bimbingan Teknik ini untuk berbagi ilmu antar ibu-ibu tidak hanya menerima ilmu dari narasumber saja,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Wabup mengingatkan bahwa setelah bimtek ini para peserta dapat menyampaikan bahwa Indonesia adalah rumah kita. Tempat dimana walaupun penuh dengan perbedaan, penuh kebhinekaan tapi merupakan satu keluarga, keluarga besar. Dalam memberikan daya dukung bagi suami ciptakan suasana yang baik dan damai selaras dengan nilai-nilai yang telah dipelajari dari program pokok PKK.

“Kita mulai dengan membagikan ilmu yang kita dapatkan disini kepada tetangga dan sanak keluarga kita di kampung,” pesan orang nomor dua di Bumi Senentang ini.

“Kita mau merubah pola tradisional yang lama yang merugikan kita perbarui dengan pelajaran yang kita dapat dari pendidikan seperti bimtek ini,” timpalnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Ny Rosinta Askiman menyebutkan bahwa tujuan diadakan bimtek ini untuk mendukung percepatan perwujudan visi misi pembangunan Kabupaten Sintang.

“Diharapkan akan adanya persamaan persepsi dan semakin meningkatnya pengerjaan administrasi ditingkat PKK desa. Kita juga mengharapakan agar semua peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini secara bersungguh-sungguh sehingga semakin mampu mengelola kepengurusan PKK di desa secara profesional,” tambah Rosinta.

Pada kegiatan yang sama, Ketua Panitia Bimtek LP3PKK tahun 2017, Magdalena Ukis, menyampaikan bahwa kegiatan yang sumber pendanaannya melalui dana desa (ADD) tahun 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan ketrampilan para ibu dalam mewujudkan peran di dalam rumah tangga dan masyarakat.

“PKK merupakan mitra pengurus desa, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi dalam lingkup rumah tangga masing-masing,” terangnya.

Acara ini dibagi dalam beberapa tahap. Pada tahap ketiga ini diikuti oleh kurang lebih 100 peserta, 50 desa dari 7 Kecamatan. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY