Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Grand Final Bujang Dara Present Putra-Putri Kapuas Raya Tahun 2018 (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memberikan Sambutannya, Pada Grand Final Bujang Dara Present Putra-Putri Kapuas Raya Tahun 2018 (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri acara pemilihan Putra-Putri Kapuas Raya tahun 2018 di Gedung Kesenian Komplek Stadion Baning Sintang, Jumat (4/5).

Masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-656 Kota Sintang, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata melalui Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan acara pemilihan Putra-Putri Kapuas Raya tahun 2018. Kegiatan ini juga merupakan even hiburan untuk masyarakat Sintang dan sekitarnya.

“Kalau mereka ikut even nasional apalagi kalau dapat nomor, mereka bisa berceritalah soal kita, cerita tentang Sintang-lah,” harap Bupati Jarot.

Sebagai pemegang tampuk kekuasaan tertinggi di Bumi Senentang ini, Bupati Jarot mengharapkan para peserta yang menang, yang nantinya akan diikutsertakan pada ajang kontes tingkat nasional, dapat mempromosikan Sintang kepada dunia luar.

Menurutnya, bahwa ‘sosok peserta’ itu merupakan hasil dari dinamika yang ada di Sintang melalui pembinaan dari keluarga dan masyarakat dengan sedikit kontribusi pemerintah.

“Saya sih mau memberi visi lain lah ya. Untuk acara kontes seperti ini, faktor inner beauty harus di hitung. Dalam karantinakan juri sudah melihatlah ya intelegensianya, kepribadiannya para peserta,” ujar Bupati.

Menurutnya lagi, cantik dan gagah yang terlihat dari laur haruslah dibarengi dengan kecantikan serupa dari dalam diri seseorang. Kecantikan luar-dalam merupakan hal yang patut dibanggakan.

“Saya juga melihat, rasa percaya diri anak-anak kita tinggi. Terutama yang perempuan,” ucapnya.

Bupati juga turut senang dengan tingginya minat para peserta kontes. Bahkan ada beberapa peserta dari luar Sintang. Hal yang lebih menggembirakan lagi yakni atas keterlibatan instansi-instansi di lingkungan Pemda Sintang yang turut berpartisipasi.

“Luar biasa, ya. Satpol PP jak ikut, bahkan mereka ada yang masuk 10 besar,” ungkapnya sambil tersenyum.

“Inilah upaya kita mencitrakan Satpol PP yang ramah, salah satunya lewat ajang ini dapat tercapai kan,” tukasnya.

Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disporapar Kabupaten Sintang, Susana menyebutkan bahwa kegaitan ini bertujuan untuk mengenalkan Sintang ke luar, melalui keterlibatan para pemenang dalam ajang kontes serupa di tingkat nasional.

“Nantinya para pemenang akan kita persiapkan untuk even nasional melalui masa karantina, bersama dengan para pelatih, salah satunya mantan Putri Indonesia,” ungkap Susana.

“Pemilihan ini diikuti oleh 41 peserta dari berbagai instansi dan organisasi juga siswa-siswi sekolah menengah,” ungkap Susana. “Mereka harus mempunyai wawasan luas, attitude baik dan penampilan yang bagu,” tambahnya mengungkapkan hal-hal yang menjadi perhatian penting dalam ajang ini.

Ada 17 kategori gelar yang diperebutkan. Mister tourism and Indonesian Girl Kalimantan Barat; Mister and Miss Earth Kapuas Raya; Putra dan Putri Kebudayaan Kalimantan Barat; Bujang dan Dara Wisata Sintang.

Selain itu, ada juga gelar Best Catwalk, Best Costum, Best Fotogenic, Persahabatan, Intelegensia, Berbakat dan Putra-Putri Favorite. Pada sesi calwalk, para peserta menampilkan busana casual dari Nobby Collection dan juga busana adat yang ada di Kalimantan Barat. (Sg/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY